Breaking News:

Petugas Gunakan APD, KPU Gunungkidul Verifikasi Faktual Calon Independen di Tengah Wabah

Para petugas verifikasi akan dibekali dengan masker, pelindung wajah (face shield), sarung tangan, hingga hand sanitizer.

Dokumentasi Humas Polres Gunungkidul
Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan (pegang Tongkat) dan Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani (Baju Batik) Berbincang di Mapolres Gunungkidul Selasa (23/6/2020). 

POSBELITUNG.CO, YOGYAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan melaksanakan verifikasi faktual calon independen yang dimulai Rabu (24/6/2020) hingga 12 Juli 2020.

Ada dua bakal calon independen yang berniat maju dalam Pilkada Gunungkidul yakni Anton Supriyadi-Suparno dan Kelik Agung Nugroho-Yayuk Kristiawati.

"Dalam verifikasi faktual dilakukan seperti sensus sehingga petugas harus mendatangi langsung ke rumah warga yang memberikan dukungan," kata Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani saat dihubungi wartawan Selasa (23/6/2020).

Ada lebih dari 90.000 dukungan dari kedua calon tersebut yang harus diperiksa KPU. Hani optimistis akan mampu menyelesaikan proses verifikasi tersebut.

"Sudah kita kaji. Bila sehari bisa menyelesaikan 20 berkas, maka bisa selesai pada 10 Juli mendatang," ucap Hani.

Sesuai protokol kesehatan Covid-19, para petugas verifikasi akan dibekali dengan masker, pelindung wajah (face shield), sarung tangan, hingga hand sanitizer.

Sebab, nantinya mereka harus melakukan tatap muka dengan warga. Hani mengatakan, dari tiga kabupaten di DIY yang melaksanakan Pilkada pada 2020, calon perseorangan hanya ada di Gunungkidul.

Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan menjelaskan, akan mengawal tahap verifikasi faktual dukungan calon perseorangan Pilkada 2020. Sebanyak 360 personel kepolisian disiapkan untuk mengamankan proses verifikasi tersebut.

Nantinya mereka akan ditempatkan ke 144 kalurahan yang ada di Gunungkidul. Setiap kalurahan akan ada dua polisi yang mengawal petugas KPU. "Kami terutama juga sudah memberikan imbauan kepada calon perseorangan agar tetap menjaga situasi kondusif," ucap Agus. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU Gunungkidul Verifikasi Faktual Calon Independen di Tengah Wabah, Petugas Dilengkapi APD dan Dikawal Polisi"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved