Sebanyak 1.169,28 ton Karet Lempengan Pulau Bintan Diekspor ke China, Korsel dan Mesir

Karantina Pertanian Tanjungpinang secara pro-aktif mendukung dan mendorong kegiatan ekspor karet dengan negara tujuan yang semakin bervariasi.

kompas.com
Sebanyak 1.169,28 ton karet lempengan kembali diekspor dari Pulau Bintan menuju Cina. Selain Cina juga dilakukan pengiriman kenegara Korea Selatan dan Mesir. 

POSBELITUNG.CO, BINTAN - Sebanyak 1.169,28 ton karet lempengan kembali diekspor dari Pulau Bintan menuju China. Selain Cina juga dilakukan pengiriman ke negara Korea Selatan dan Mesir.

Pejabat Karantina Pertanian Tanjungpinang Wilker mengatakan sesuai permohonan yang diajukan via PPK Online, karet lempengan tersebut telah diberangkatkan melalui Pelabuhan Sri Bayintan Kijang, Selasa (23/6/2020) sebanyak 1.169,28 ton tujuan China dengan nilai ekonomis Rp 6,24 miliar.

Kemudian 211.680 Kg tujuan Korea Selatan dengan nilai ekonomis Rp 3,88 miliar dan 43.680 Kg tujuan Mesir dengan nilai ekonomis Rp 745,137 juta.

"Sebelum dilakukan pengiriman, lempengn karet milik PT Pulau Bintan Djaya telah dilakukan pemeriksaan," kata Wilker melalui telepon, Selasa (23/6/2020).

Wilker juga mengatakan sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Karantina Pertanian Tanjungpinang secara pro-aktif mendukung dan mendorong kegiatan ekspor karet dengan negara tujuan yang semakin bervariasi dan jumlah yang terus meningkat.

"Mari terus kita dukung gerakan ekspor sebagai salah satu wujud nyata cinta kita pada negeri," kata Wilker.

Ia juga berharap agar setiap pengusaha selalu melaporkan komoditas pertaniannya yang akan dilalulintaskan pada pejabat karantina pertanian di setiap tempat pemasukan atau pengeluaran, yaitu di pelabuhan laut, bandar udara maupun di kantor pos. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Karet Lempengan Bintan Laku Diekspor ke China, Korsel dan Mesir"

Editor: tedja pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved