Breaking News:

Virus Corona

SPBU dan Agen LPG Pertamina Terapkan New Normal

Protokol ramah covid-19 diterapkan oleh petugas dan konsumen pertamina ketika beraktivitas di area SPBU atau tempat penampungan dan jual beli LPG.

ist/ Pertamina
Petugas SPBU ketika menjalankan protokol ramah di SPBU 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), kini terus menerapkan program new normal dengan cara menerapkan protokol ramah atau standar operasional prosedur (SOP) pencegahan covid-19 di SPBU dan Agen LPG.

Protokol ramah covid-19 diterapkan oleh petugas dan konsumen pertamina ketika beraktivitas di area SPBU atau tempat penampungan LPG maupun saat melakukan aktivitas penjualan tabung gas LPG.

"Pertamina sudah menyiapkan SOP itu, saat mengisi bahan bakar di SPBU atau proses transaksi pembelian tabung gas di agen LPG. Protokol ini diantaranya, kewajiban penggunaan masker dan sarung tangan saat melayani konsumen, serta pengecekan suhu badan kepada petugas SPBU dan petugas agen LPG," kata Region Manager Comm, Rel & CSR Sumbagsel Rifky Rakhman Yusuf melalui rilis kepada posbelitung.co, Rabu (24/6/2020).

Selain itu, kata dia, di protokol kesehatan tersebut pula, antara pembeli bahan bakar satu dengan yang lainnya dan petugas, diwajibkan untuk menjaga jarak aman.

Ia mencontohkan, untuk pelanggan kendaraan roda dua atau sepeda motor yang mengisi premium, akan diwajibkan turun dari motor, dan berdiri di samping sepeda motor alias berseberangan dengan posisi operator.

"Yaitu minimal satu meter dengan petugas SPBU. Sedangkan untuk pengendara roda empat atau mobil, akan direkomendasikan untuk tetap berada di dalam mobil saat proses transaksi," ujarnya.

Kemudian pihaknya juga memastikan seluruh prosedur saat transaksi sudah sesuai dengan protokol pencegahan covid-19.

Dilakukan juga sterilisasi di seluruh lingkungan SPBU dan Agen LPG dengan penyemprotan disinfektan secara rutin.

"Area sterilisasi mencakup armada truk pengiriman BBM dan LPG, area agen LPG, dispenser BBM serta fasilitas toilet dan mushola yang ada di SPBU. Langkah-langkah ini merupakan protokol wajib di Pertamina dalam masa new normal ini," kata dia.

Untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19 melalui perpindahan uang antara pelanggan dengan petugas, Rifky menjelaskan, pertamina merekomendasikan pembayaran secara non tunai atau cashless melalui aplikasi MyPertamina yang saat ini dapat di unduh di Playstore/ Appstore jika melakukan transaksi langsung ke SPBU ataupun Agen LPG.

Pertamina juga menyediakan layanan Pertamina Delivery Service (PDS) dengan menghubungi 135, dimana masyarakat cukup tetap dirumah ataupun dilokasinya, dan petugas Pertamina akan mengantarkan BBM atau LPG sesuai pesanannya.

"Dengan menggunakan transaksi non tunai, kami berharap dapat mengajak masyarakat untuk dapat membantu mencegah penyebaran Covid-19. Cukup dengan menggunakan aplikasi MyPertamina, konsumen dapat melakukan pembayaran sehingga dapat meminimalisir kontak fisik baik yang berada di SPBU maupun Agen LPG. Masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan PDS untuk memudahkan pembelian BBM ataupun LPG, tinggal hubungi Call Center 135," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Dedi Qurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved