Berita Belitung

Petugas Kebersihan Bersama Sejumlah Pemdes di Belitung Siapkan New Normal

Pembersihan dilakukan bersama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Terong, Desa Batu Itam, Desa Keciput, dan Desa Tanjung Tinggi, serta Desa Tanjung Binga.

Ist/dok DLH Belitung
Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, Jumat (26/6) ketika membersihkan sampah sepanjang Jalan Raya Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ratusan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Belitung, Jumat (26/6/2020) melakukan pembersihan di ruas Jalan Raya Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Pembersihan dilakukan bersama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Terong, Desa Batu Itam, Desa Keciput, dan Desa Tanjung Tinggi, serta Desa Tanjung Binga.

Selain itu juga terlibat pada kegiatan itu antara lain Pemerintah Kecamatan Sijuk, Polsek Sijuk dan Koramil 01-414 Tanjungpandan.

"Pembersihan ini, untuk menuju new normal yang akan lounching pada tanggal 1 Juli 2020 mendatang," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto kepada Posbelitung.co, Jumat (26/6/2020).

Kata dia, pembersihan jalan raya tersebut dilakukan secara serentak, mulai dari Desa Batu Itam hingga Desa Tanjung Tinggi.

"Ini untuk mendukung kawasan wisata yang berseri, sekaligus untuk membangkitkan kembali pariwisata Belitung yang sempat sepi, akibat pandemi covid-19," bebernya.

 Gencar Sosialisasi dan Simulasi

Diberitakan sebelumnya, sebanyak enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten Belitung, kemarin melakukan sosialisasi standar operasional protokol (SOP) protokol kesehatan sekaligus simulasi penerapan protokol kesehatan itu secara langsung kepada  masyarakat.

Enam OPD itu adalah Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Belitung, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Belitung, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung, Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung.

Kemudian, untuk dua OPD lainnya yaitu Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Belitung, dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung.

Seluruh OPD ini melakukan sosialisasi dan simulasi SOP protokol kesehatan melibatkan masyarakat maupun pengguna jasa.

"Ini semua memang kami kejar, paling tidak hingga tanggal 30 Juni ini semua sudah selesai, makanya sosialisasi dan simulasi ini, semua dimaksimalkan karena tinggal beberapa hari lagi," ungkap Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) kepada Posbelitung.co, Jumat (26/6/2020).

Setiap hari, mulai sepekan lalu seluruh OPD di Kabupaten Belitung sudah melakukan sosialisasi dan simulasi kepada masyarakat, tentang hidup di era new normal.

Tatanan kehidupan baru tersebut akan dimulai pekan depan alias tanggal 1 Juli 2020.

"Karena kita tidak bisa menunggu pandemi ini selesai, dan sekarang kita sudah mulai hidup berdampingan dengan virus corona. Tapi jangan sampai fokus di virus corona, virus yang lain dilupakan, karena masih ada virus lain, seperti flu dan segala macam tetap harus di antisipasi," ujarnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved