Virus Corona di Bangka Belitung

4 Tenaga Medis di Pangkalpinang Positif Covid-19, Diduga Tertular Dokter yang Pulang dari Jakarta

Tiga tenaga medis di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, terkonfirmasi positif Covid-19 setelah tertular dari seorang dokter yang pulang dari pe

Dokumen Pos Belitung
Ketua Sekretariat Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Bangka Belitung, Mikron Antariksa, 

POSBELITUNG.CO--Tiga tenaga medis di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, terkonfirmasi positif Covid-19 setelah tertular dari seorang dokter yang pulang dari perjalanan ke Jakarta.

Tiga tenaga medis yang positif Covid-19 itu menambah daftar total pasien positif corona yang menjalani perawatan karantina menjadi 19 orang.

"Hari ini ada penambahan 3 orang positif dari tenaga kesehatan salah satu rumah sakit swasta di Pangkalpinang," kata Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Mikron menuturkan, tiga tenaga kesehatan diketahui positif setelah dilakukan uji swab PCR.

Tenaga medis yang rata-rata berusia 30 tahunan itu diduga tepapar dari seorang dokter wanita berusia 60 tahun yang sebelumnya melakukan perjalanan ke Jakarta.

"Setelah hampir sepekan tidak ada penambahan, kemudian ditemukan 1 dokter positif Covid-19. Selanjutnya tracing tenaga medis didapat tiga yang positif, jadi total ada 4 tenaga medis yang terkonfirmasi," ujar Mikron.

Dengan adanya penambahan itu, maka total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung menjadi 152 orang. Rinciannya, sebanyak 19 orang dalam proses perawatan, 2 meninggal dunia dan 131 orang dinyatakan sembuh.

"Ini peringatan bagi kita semua. Dalam new normal ini tetap laksanakan protokol kesehatan," pesan Mikron.

Dari tim gugus tugas, kata Mikron, pihaknya terus berupaya memutus mata rantai pandemi. Seperti pelacakan melalui rapid test massal dan memverifikasi perkantoran yang menerapkan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan angka ini tidak bertambah lagi. Kita ingin fokus pasien yang dalam perawatan ini semuanya sembuh," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Tenaga Medis Positif Covid-19 Diduga Tertular Dokter yang Pulang dari Jakarta "

Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved