Virus Corona di Belitung

Sejumlah Nasabah KPR BTN Tanjungpandan Ajukan Relaksasi Selama Pandemi Corona

Sejumlah nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi di Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Pembantu Tanjungpandan mengajukan relaksasi

ISTIMEWA
Suasana di BTN Cabang Pembantu Tanjungpandan, Senin (29/6/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sejumlah nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi di Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Pembantu Tanjungpandan mengajukan relaksasi selama pandemi Covid-19. Selama periode Maret-April sudah ada 31 nasabah yang disetujui.

"Pemberian relaksasi umumnya 1 tahun tidak mengangsur sama sekali, umumnya kreditnya diperpanjang selama dua tahun," ujar Kepala BTN Cabang Pembantu Tanjungpandan Aditya Sudjatmiko, Senin (29/6/2020).

Pengajuan relaksasi KPR ini umumnya dilakukan pekerja hotel, nelayan, hingga pedagang.

Selama pandemi ini penyaluran KPR tetap dilakukan. Namun jika biasanya dalam sebulan ada sekitar 30 nasabah KPR baru, selama pandemi ini memang mengalami penurunan. Tapi dampaknya tidak begitu signifikan.

"Kalau kami sebenarnya tidak begitu berdampak. Hanya (penyaluran KPR kepada) pekerja yang non tetap yang lebih selektif. Kalau pun dikasih harus ada rekomendasi dari perusahaan bahwa pekerjanya tidak diberhentikan dalam waktu dekat," jelas dia.

Meski begitu prosesnya kini bisa dikatakan lebih mudah. Seperti jika sebelum pandemi, nasabah harus wawancara datang ke kantor, kini dihubungi via telpon.

Bahkan survei di tempat kerja pun tidak dilakukan jika perusahaan bisa ditemukan melalui jejaring sosial.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved