Berita Belitung Timur

Wabup Belitung Timur: Dapat WTP Bukan untuk Disombongkan

Wabup Burhanudin bilang masih banyak tugas yang harus dilakukan pemda. Satu di antaranya yakni indikator pencapaian kinerja daerah harus dioptimalkan

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Wabup Belitung Timur Burhanudin sampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019, Senin (29/6/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Wakil Bupati Belitung Timur Burhanudin sampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019, Senin (29/6/2020) di Ruang Sidang Paripurna DPRD Beltim.

Wabup mengatakan tahun 2019 Beltim mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas laporan keuangan pemerintah Beltim tahun anggaran 2019.

Opini tersebut merupakan prestasi yang harus disyukuri dari kerja keras kita semua, baik pemda maupun DPRD Beltim.

"Tapi WTP ini bukan sesuatu yang bisa membuat daerah jadi sombong. Karena WTP hanya nol koma sekian persen dari indikator kinerja pemerintah daerah," ucap Wabup kepada posbelitung.co seusai sidang.

Wabup Burhanudin bilang masih banyak tugas yang harus dilakukan pemda. Satu di antaranya yakni indikator pencapaian kinerja daerah harus dioptimalkan oleh OPD-OPD terkait dalam mencapai tujuan pembangunan daerah secara utuh.

"Saya berharap masing-masing OPD melalui Badan Kepegawaian Daerah sudah harus lakukan review terhadap sumber daya aparatur. Karena peningkatan kinerja kuncinya ada di SDM. Satu di antaranya yakni jangan gegabah memutasi pegawai karena berpengaruh terhadap kinerja," lanjut Wabup.

Ia mengatakan satu OPD harus punya tiga fungsi, yakni perencanaan, keuangan, dan pengawasan. Setiap OPD harus punya orang-orang yang mampu melaksanakan tiga fungsi itu sehingga alokasi yang diterima OPD bisa optimal dalam mencapai kinerja pemerintah.

"Per triwulan di tingkat OPD sudah harus evaluasi bagaimana jalannya tiga fungsi tadi sehingga ke depan tidak begitu sulit untuk meningkatkan kinerja," tutupnya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved