Berita Belitung

Dukung Ketahanan Pangan di Belitung Timur, Anggota Dewan Ini Sarankan Buat BUMDes Bersama

Anggota Komisi II DPRD Belitung Timur Tjong Jung Min menyoroti mengenai ketahanan pangan dan perkembangan pertanian di Gantung

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Anggota Komisi II DPRD Beltim Tjong Jung Min. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Anggota Komisi II DPRD Belitung Timur Tjong Jung Min menyoroti mengenai ketahanan pangan dan perkembangan pertanian di Gantung, Belitung Timur.

Menurutnya perlu adanya suatu wadah yang bisa mengakomodir hasil pertanian, seperti bisa dibentuk BUMDes bersama.

"Danau Nujau itu berpotensi jadi lumbung padi kita. Ini harus dimanfaatkan dan dioptimalkan keberadaannya. Bisa buatkan BUMDes bersama, kan di Gantung ada tujuh desa. Setiap desa Rp 200 juta jadi total ada Rp 1,4 miliar. Sangat cukup untuk mengembangkan proses produksinya," katanya kepada posbelitung.co, Selasa (30/6/2020).

Ia juga menyampaikan sekarang ini kelemahannya ada di packaging yang kurang memadai. Kalau soal kualitas produksinya saya pikir bisa sejajar dengan produk pasaran lain yang sejenis.

"Packaging yang bagus otomatis akan menaikkan harga jual namun tetap dalam harga yang kompetitif. Saya pikir warga juga akan mau membeli jika packagingnya baik. Jangankan warga, toko-toko pun mau membelinya," kata Jung Min.

Dengan adanya BUMDes bersama dan perbaikan packaging, ia meyakini bahwa ketahanan pangan bakal terjamin dengan pemenuhan hasil tani dari Danau Nujau.

"Sangat penting menjaga ketahanan pangan di masa pandemi seperti sekarang ini. Harus sama-sama kita tidak bisa satu dua orang saja yang gerak supaya hasilnya maksimal. Semoga bisa terealisasi secara baik ke depannya," harap Jung Min.

(Posbelitung.co/ Bryan Bimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved