Breaking News:

Kelanjutan PSBB Transisi di Jakarta Tunggu Anies, Setelah Berakhir 2 Juli

Berdasarkan SK yang diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 5 Juni 2020 itu, masa pemberlakuan PSBB transisi dibagi dua tahap.

instagram/uncle_syaf
Monas yang identik dengan Kota Jakarta 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada masa transisi di Jakarta akan berakhir pada 2 Juli 2020.

Masa pemberlakuan PSBB transisi itu tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI Jakarta Nomor 563 Tahun 2020 tentang Pemberlakuan, Tahapan, dan Pelaksanaan Kegiatan/Aktivitas PSBB pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.

Berdasarkan SK yang diteken Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 5 Juni 2020 itu, masa pemberlakuan PSBB transisi dibagi dua tahap.

Pertama, PSBB transisi diberlakukan selama 14 hari, terhitung sejak 5 Juni sampai 18 Juni 2020. Pada rentang waktu tersebut, ada sejumlah kegiatan yang boleh dilaksanakan kembali, yakni kegiatan di tempat ibadah, aktivitas perkantoran, hingga pembukaan mal.

Kedua, PSBB transisi dilanjutkan kembali selama 14 hari, terhitung 19 Juni sampai 2 Juli 2020, apabila tidak terjadi peningkatan kasus baru Covid-19.

Pada masa tersebut, aktivitas yang diperbolehkan dan tempat-tempat umum yang dibuka makin banyak, seperti taman rekreasi indoor dan outdoor, kebun binatang, hingga salon.

Lalu, bagaimana kelanjutan PSBB transisi di Jakarta setelah 2 Juli? Apakah PSBB transisi akan diperpanjang atau diakhiri?

Humas Dinas Kesehatan DKI Jakarta Irma Yunita mengatakan, perkembangan soal PSBB transisi di Jakarta akan diumumkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui konferensi pers. Namun, Irma belum menyampaikan waktu pelaksanaan konferensi pers tersebut.

"Tunggu saja press release Pak Gubernur, ya," kata Irma saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/6/2020).

Grafik kasus Covid-19 masih naik turun Kasus baru Covid-19 yang dilaporkan tiap harinya selama masa transisi di Jakarta masih naik turun. Hal itu terlihat dari grafik kasus harian Covid-19 di situs web corona.jakarta.go.id.

Selama masa transisi, kasus baru Covid-19 tertinggi dilaporkan pada 9 Juni 2020 dengan 239 kasus.

Laporan kasus pada 9 Juni tercatat paling tinggi sejak munculnya kasus perdana Covid-19 di Jakarta pada awal Maret 2020.

Sementara itu, laporan kasus baru paling rendah pada masa transisi terjadi pada 12 Juni 2020 dengan 76 kasus baru. Tren kasus baru positif Covid-19 di Jakarta selama masa transisi bisa dibaca di sini. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PSBB Transisi di Jakarta Berakhir 2 Juli, Kelanjutannya Tunggu Pengumuman Anies"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved