Menolak Jadi WNI dan Pakai Paspor Sunda Empire, 2 Wanita Ditahan di Malaysia 13 tahun

Menurut Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur yang dikutip oleh South China Morning Post (SCMP), keduanya ditahan di Depot Imigrasi Melaka.

tangkapan layar YouTube Pak Bro
Foto putri kedua petinggi Sunda Empire, Fathia Reza dan Lamia Roro di paspor Sunda Democratic Empire. Di paspor nama keduanya tertulis Her Imperial Majesty Crown Princess Fathia Wiranatadikusuma Siliwangi Al-Misri dan Her Imperial Majesty Princess Lamia Roro Wiranatadikusuma Siliwangi Al-Misri. Keduanya putri Perdana Menteri dan Kaisar Sunda Empire, Nasri Banks dan Rd Ratnaningrum. Bersama Sekjen Sunda Empire Rangga Sasana, Nasri Banks dan Rd Ratnaningrum didakwa jaksa dalam perkara menyebarkan 

Menolak Jadi Warga Indonesia dan Pakai Paspor Sunda Empire, 2 Wanita Ditahan di Malaysia 13 tahun

POSBELITUNG.CO - Dua wanita yang mengaku sebagai anggota keluarga bangsawan dari kerajaan Sunda Empire ditahan diMalaysia selama 13 tahun.

Mereka adalah Fathia Reza (36) dan Lamira Roro (34 tahun), ditahan pada tahun 2007 oleh Departemen Imigrasi Malaysiakarena mencoba masuk ke Kuching, Malaysia menggunakan paspor Sunda Empire.

Menurut Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur yang dikutip oleh South China Morning Post (SCMP), keduanya ditahan di Depot Imigrasi Melaka.

“Mereka ditahan karena melanggar aturan imigrasi Malaysia yaitu masuk dengan menggunakan paspor Sunda Empire yang tidak dikenal oleh pihak berwenang Malaysia,” kata Agung Cahaya Sumirat kordinator infomasi dan sosial budaya KBRI yang dikutip dari SCMP, Senin (29/6/2020).

Pihak KBRI Malaysia menyatakan konsulat jenderal RI di Kuching, negara bagian Serawak, mengatakan telah mewawancara kedua wanita ini untuk mengklarifikasi status kewarganegaraan mereka.

“Namun mereka menolak mengakui sebagai warga negaraIndonesia dan berkeras menyatakan diri sebagai warga negaraSunda Empire,” kata Agung.

“Imigrasi Malaysia mengatakan status mereka stateless,” kata Agung seraya menambahkan kedua perempuan itu berbicara bahasa Inggris dan berkomunikasi dengan baik.

Fathia Reza dan Lamira Roro kini tengah menjadi perhatian publik setelah munculnya kabar bahwa mereka menjadi tahanan imigrasi Malaysia sejak 2017.
Fathia Reza dan Lamira Roro kini tengah menjadi perhatian publik setelah munculnya kabar bahwa mereka menjadi tahanan imigrasi Malaysia sejak 2017. (channel Youtube Mas Bro)

Tidak Berkewarganegaraan

Pengacara yang mewakili Sunda Empire, Erwin, seperti dikutip dari Kompas.com membenarkan penahanan keduanya sejak tahun 2007 dengan alasan penahanan karena keduanya mereka dianggap stateless atau tidak berkewarganegaraan.

Halaman
12
Penulis: tidakada007
Editor: khamelia
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved