Nadiem Makarim Sebut Sumber Inspirasi Kebijakan Kampus Merdeka dari Program KKN UGM di Papua

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membeberkan salah satu inspirasinya dalam mengeluarkan kebijakan Kampus Merdeka.

Tribunnews.com/Reza Deni
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020) 

POSBELITUNG.CO -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud ) Nadiem Makarim membeberkan salah satu inspirasinya dalam mengeluarkan kebijakan Kampus Merdeka.

Adapun menurut Nadiem, salah satu inspirasi dalam kebijakan Kampus Merdeka adalah program KKN yang dilakukan Universitas Gadjah Mada ( UGM ) di Papua.

"Salah satu inspirasi kami di Kemendikbud dengan program kampus Merdeka itu adalah program KKN-nya UGM," ujar Nadiem dalam pembekalan KKN UGM yang digelar secara daring, Senin (29/6/2020).

"Kami melihat, makanya pada saat kita meluncurkan Kampus Merdeka kita menggunakan contoh salah satu KKN UGM di Papua," kata Nadiem.

Nadiem menyayangkan mengapa program KKN UGM digelar hanya dua bulan.

Rencana Pernikahan Ayu Ting Ting Mulai Terbongkar, Baju Pengantin Dipesan ke Igun, Nikah sama Didi?

Padahal menurutnya program tersebut sangat baik untuk pemberdayaan masyarakat.

Hal tersebut yang membuat Kemendikbud, membuat kebijakan kegiatan di luar kampus dalam Kampus Merdeka hingga dua semester.

"Harapan kami adalah dengan adanya Kampus Merdeka dengan kebijakan sampai dengan dua semester," kata Nadiem.

"Dia bisa melakukan program seperti KKN ini jadi satu tahun dari empat tahun pendidikan S1 kita bisa dilakukan di luar kampus," ucap Nadiem.

Menurut Nadiem, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kegiatan di luar kampus adalah cara paling efektif untuk pembelajaran.

"Kampus merdeka mendongkrak dan menantang universitas termasuk UGM untuk membesarkan program ini sampai dengan itu mengambil seperempat dari pada waktunya S1 mahasiswa di UGM maupun di universitas-universitas lainnya," kata Nadiem.

Pesinetron Ridho Ilahi Diamankan Pihak Kepolisian Lantaran Kasus Narkoba, Begini Kronologinya

Seperti diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengeluarkan empat kebijakan di lingkup pendidikan tinggi bertajuk 'Kampus Merdeka'.

Kebijakan ini merupakan lanjutan dari konsep Merdeka Belajar yang sebelumnya diterapkan untuk pendidikan dasar dan menengah.

(*/ Fahdi Fahlevi)

Berita ini telah terbit di TRIBUNNEWS.COM berjudul Mendikbud Ungkap Sumber Inspirasi Kebijakan Kampus Merdeka: Program KKN UGM di Papua

Azriel Hermansyah Akhirnya Ungkap Ingin Punya Pacar di Ultah ke-20, Arsy Malah Sindir Hal ini

Istri Ketiga Tak Mau Kasih Jatah Layani Nafsu Biologis Suami, Ayah di Tuban Cabuli Anak Tiri 8 Kali

Penulis: tidakada008
Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved