Breaking News:

Berita Belitung Timur

Empat Bulan Ditutup Akibat Pandemi Corona, Lokasi Wisata di Belitung Timur Kembali Dibuka

-Penampilan Sanggar Suka Mane Bekubang Betiong, Desa Lintang menandai dibukanya kembali destinasi wisata Tebat Rasau

Posbelitung.co/Suharli

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Penampilan Sanggar Suka Mane Bekubang Betiong, Desa Lintang menandai dibukanya kembali destinasi wisata Tebat Rasau setelah hampir empat bulan tutup akibat pandemi. Rabu (1/7/2020).

Ketua pengelola Tebat Rasau, Nasidi mengatakan, dibuka kembali tempat wisata tersebut diharapkan dapat membangkitkan gairah wisata khususnya di Kabupaten Belitung Timur.

"Kami tetap menjalankan SOP untuk protokol kesehatan, harapan kami wisatawan dapat berkunjung dan menikmati wisata alam di sungai purba ini," jelas Nasidi kepada posbelitung.

Tak hanya menyajikan wisata alam, jika berkunjung ke Tebat Rasau wisatawan pun bisa menikmati hidangan makanan yang berasal dari seputaran lokasi tempat wisata tersebut.

Simulasi penerapan new normal di lokasi wisata Tebat Rasau, seorang wisatawan mengenakan face shield, sementara guide mengenakan masker saat mengantarkan wisatawan susur sungai, Rabu (1/7/2020)
Simulasi penerapan new normal di lokasi wisata Tebat Rasau, seorang wisatawan mengenakan face shield, sementara guide mengenakan masker saat mengantarkan wisatawan susur sungai, Rabu (1/7/2020) (Posbelitung.co/Suharli)

Bersamaan, Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur yang juga datang ke Tebat Rasau melakukan sosialisasi dan melakukan simulasi untuk penerapan protokol new normal di seluruh objek wisata.

"Dalam hal ini untuk hari ini itu ada empat destinasi pariwisata yang dilakukan simulasi penerapan new normal itu ada di Open Pit Nam Salu, kemudian Pantai Burong Mandi, Tebat Rasau dan replika SD Laskar Pelangi," jelas Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Evi Nardi.

Penerapannya adalah seperti yang sudah disimulasikan dan disosialisasikan bahwa memang

Evi Nardi mengatakan ada beberapa SOP yang harus di jalankan yang pertama dari SOP wisatawan itu sendiri itu kewajibannya ada harus memakai masker, kemudian ada SOP dari guide, dan ada SOP dari pengelola destinasi wisata, selain itu, ada juga SOP terkait dengan pertunjukan seni dan budaya yang sudah satu paket.

"Tebat Rasau ada paket wisata salah satunya paket budaya nah yaitu penampilan Sanggar Suka Mane Bekubang Betiong, desa Lintang.Nah itu semuanya sudah dituangkan dinas kebudayaan dan pariwisata melalui SK Bupati terkait dengan penerapan New Normal," ungkap Evi.

Simulasi penerapan new normal di lokasi wisata Tebat Rasau
Simulasi penerapan new normal di lokasi wisata Tebat Rasau (Posbelitung.co/Suharli)

Pertunjukan seni, para pelaku seninya juga tetap menjaga jarak atau physical distancing kemudian memakai face shield sebelum melakukan penampilan sesuai dengan protokol kesehatan.

Dia berharap semua destinasi wisata yang ada di kabupaten Belitung Timur sudah bisa membuka aktivitas pariwisata secara seperti biasa, namun dengan tetap menerapkan protokol new normal atau kenormalan baru.

"Jadi aktivitas wisata bisa kembali berjalan, kemudian perekonomian pun bisa muncul lagi dari pariwisata dari sektor pariwisata yang semula kan berhenti total," kata Evi. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved