Breaking News:

Berita Belitung

12.000 Orang Lebih Tidak Aktif di BP Jamsostek, Mayoritas Peserta Pekerja Informal

Terdapat 12.195 orang kini dikategorikan sebagai peserta non aktif atau tidak membayar iuran di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Ardhina Trisila Sakti
posbelitung.co/Disa Ayandi
Handi Maaz 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Terdapat 12.195 orang kini dikategorikan sebagai peserta non aktif atau tidak membayar iuran di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Kabupaten Belitung.

Kepesertaan tidak aktif tersebut merupakan peserta yang berasal dari pekerja formal maupun informal.

Namun rata-rata adalah pekerja informal atau membayar iuran BP Jamsostek secara mandiri.

"Yang kategori aktifnya juga banyak, itu ada 14.592 peserta, kalau yang tidak aktifnya ya segitu (12.195 orang)," ungkap Kepala Cabang BP Jamsostek Kabupaten Belitung Handi Maaz kepada Posbelitung.co, Jumat (3/7/2020).

Ia mengatakan masih banyak untuk BP Jamsostek ini yang belum tergarap di sektor informal. Namun mereka tetap akan berusaha untuk mengajak pekerja yang ada di sektor informal ini agar menjadi peserta BP Jamsostek.

Strategi yang sudah disiapkan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung untuk perluasan kepesertaan melalui peningkatan kepatuhan badan usaha atau pelaku usaha, yang mendaftar melalui Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Belitung, untuk mendaftar sebagai peserta BP Jamsostek.

"Karena itu bisa dilihat nanti dari pendaftaran perusahaan itu melalui melalui OSS. Kemudian kami tetap akan melakukan sosialisasi ke sektor - sektor informal terutama nelayan, sektor pariwisata dan lainnya," ujarnya.

Peningkatan kepesertaan melalui program perlindungan jasa kontruksi bagi kegiatan konstruksi di Kabupaten Belitung.

"Tentunya kami juga tetap berupaya untuk kampanye gerakan perlindungan pekerja rentan (GN Lingkaran) khusus sektor informal. Ya mudah-mudahan dengan cara ini, bisa menarik lebih banyak kepesertaan," bebernya.

(posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved