Virus Corona di Belitung

Dokter Hotma Akui Ada Missed Communication Soal Pemulangan Pasien Covid-19

Ketua Satgas Covid-19 RSUD Beltim dr Hotma Banjarnahor, SpB, FINACS, FICS mengakui memang ada missed-communication.

Dokumentasi Pos Belitung
Ilustrasi Seorang petugas medis di Ruang Isolasi RSUD Beltim tengah istirahat saat memakai pakaian APD lengkap beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO. BELITUNG TIMUR - Menanggapi pernyataan Sekretaris Gugus Tugas Beltim Ikhwan Fakhrozi soal pemulangan pasien TF yang sepihak, Ketua Satgas Covid-19 RSUD Beltim dr Hotma Banjarnahor, SpB, FINACS, FICS mengakui memang ada missed-communication.

"Iya kemarin ada sedikit missed-communication di ruang isolasi. Saat saya sedang laporkan ke Sekda dan menunggu penjemputan ternyata dari pasien ingin segera pulang dan karena takut mengganggu psikologis pasien maka pasien dipulangkan setelah melewati beberapa pemeriksaan yang menunjukkan pasien sudah sembuh," jelas dr Hotma kepada posbelitung.co, Jumat (3/7/2020).

Ia menuturkan ada dilema saat itu. Ia mengatakan di satu pihak ia sedang menunggu jawaban dari gugus tugas tetapi di pihak lain pasien ingin segera pulang.

"Makanya baru besok dilaporkan ke Dinkes," tambahnya.

Mengenai pernyataan Sekda mengenai pasien masih dinyatakan positif di swab terakhir, dr Hotma mengatakan pemeriksaan sudah dilakukan oleh DPJP dan Ketua Divisi Klinis di Satgas sebagai penanggung jawab sudah memastikan sesuai guideline WHO terbaru.

"Jadi saya sebagai Ketua Satgas mengikuti sesuai dokter yang lebih berkompeten dalam merawat pasien Covid-19," jelasnya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf mewakili Satgas covid apabila dalam merawat pasien covid masih ada hal-hal yang kurang berkenan.

"Mungkin dari pelayanan ataupun komunikasi tim kami," tutur dr Hotma.

Alasan Satgas Covid-19 RSUD Beltim

Satu pasien positif bernama TF yang dinyatakan positif pada 14 Juni 2020 lalu sudah dipulangkan oleh Satgas Covid-19 RSUD Belitung Timur, Kamis (2/7/2020) kemarin.

Halaman
123
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved