Breaking News:

Pandemi Virus Corona di Belitung Timur

Soal Pemulangan Pasien Covid-19, RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan Berpedoman Pada Aturan Kemenkes

Hendra menanggapi soal pemulangan pasien TF asal Belitung Timur yang disebut dilakukan secara sepihak oleh pihak terkait di Beltim.

Posbelitung.co/BryanBimantoro
Direktur RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan dr Hendra, SpAn. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Direktur RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan dr Hendra, SpAn mengatakan pihaknya masih berpedoman pada regulasi yang dibuat oleh Kemenkes RI dan Gugus Tugas Pusat mengenai pemulangan pasien covid-19.

Hal ini ia sampaikan menanggapi soal pemulangan pasien TF asal Belitung Timur yang disebut dilakukan secara sepihak oleh pihak terkait di Beltim.

"Kita berada di Indonesia dan seharusnya mempedomani aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah. Kalaupun mengikuti dari WHO mohon dibaca secara utuh," kata dr Hendra kepada posbelitung.co, Sabtu (4/7/2020).

Ia menyampaikan sampai saat ini syarat untuk memulangkan pasien positif covid-19 yakni sudah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab dua kali yang dilaksanakan secara beruntun.

Seluruh aspek dalam pemeriksaan swab harus dinyatakan negatif, baik itu nasofaring, orofaring, maupun sputum.

"Untuk pasien dinyatakan sembuh kami masih menggunakan pedoman pencegahan dan pengendalian covid-19 revisi empat yang diterbitkan oleh Kemenkes RI. Di mana di dalamnya dijelaskan seperti hal di atas," kata dr Hendra.

Ia menyampaikan yang mereka lakukan di GTPPC Belitung pihaknya selalu menunggu rilis dari juru bicara GTPPC Pusat, kemudian Bupati akan mengeluarkan rilis bahwa memang benar ada pasien positif covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh.

"Barulah kami pihak RSUD membolehkan pasien tersebut untuk swaisolasi di rumah masing-masing dan berkumpul kembali dengan keluarga," jelas dokter anestesi itu.

Dengan begitu, lanjutnya, koordinasi antara pusat dan daerah bisa dijaga sehingga didapatkan data tabulasi pasien OTG, ODP, PDP, positif, maupun sembuh yang real sesuai hasil pemeriksaan.

"Jadi data konfirmasi pasien sembuh sesuai antara pusat dan daerah," ujar dr Hendra.

Halaman
12
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved