Breaking News:

Berita Belitung

Bangkitkan Kembali UMKM yang Terpuruk, Dinas KUMKMPTK Belitung Siap Fasilitasi Pelaku Usaha

Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung akan menggenjot pelaku UMKM dengan fasilitasi perizinan

Posbelitung.co/Disa Aryandi
Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung akan menggenjot pelaku UMKM dengan fasilitasi perizinan untuk mengembalikan sektor perekonomian yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Visi ini akan dilakukan pada 2021 mendatang sebagai penguatan sektor ekonomi UMKM.

"Kalau tahun ini hanya menjalani sisa kegiatan karena anggaran juga banyak direfocusing untuk penanggulangan Covid-19 ini. Makanya pelatihan akan banyak diadakan secara online," jelas Kepala Dinas KUMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar, Minggu (5/7/2020).

Tahun depan rencananya UMKM akan difasilitasi perizinan mulai dari produk industri rumah tangga), sertifikat halal, dan IUMK (izin usaha mikro kecil (PIRT).

Bahkan jika ada UMKM yang membutuhkan modal, kata dia, akan direkomendasikan ke perbankan agar bisa mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR)

Di samping itu, ia mengatakan pada Selasa (7/5/2020) mendatang, Balai Latihan Kerja (BLK) Tanjungkelayang mengadakan pelatihan kerja.

Ada tiga bidang pelatihan, yakni pembuatan kue pengolahan ikan, dan pengolahan buah-buahan. Masing-masing bidang akan diikuti 30 peserta yang telah mendaftar secara online.

"(Pelatihannya) akan dilakukan selama dua pekan," jelas dia

Adnizar berharap, setelah mengikuti pelatihan itu, para peserta tidak berorientasi agar bekerja. Tapi justru berwirausaha dan membuka lapangan kerja.

"Terkait perizinan dan bimbingan lebih lanjut kami siap, akan memfasilitasi kelengkapan perizinan seperti PIRT, sertifikasi halal, termasuk nanti kalau terkenal akan didaftarkan mereknya di HAKI, harapannya tidak menjadi pekerja," jelas Adnizar. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved