Virus Corona di Belitung Timur

Ini Penjelasan Pihak Keluarga Terkait Pasien Covid-19 yang Sembuh dan Dipulangkan

Saat itu kakaknya diberi tahu bahwa bisa membawa pulang TF karena kebetulan kakaknya juga sudah berada di rumah sakit saat ingin mengantar makanan.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Hendra
Ist.pribadi
Pasien TF saat dipulangkan dari rumah sakit dan diberi bingkisan oleh petugas. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR -  Pasien covid-19 berinisial TF yang dirawat sudah dipulangkan karena sudah dinyatakan sembuh oleh tim medis.

Ternyata kepulangannya ini pun menuai berbagai tanggapan dari masyarakat. Hingga ada yang menuding, pemulangannya dilakukan sepihak.

Dadan Kristanto, suami dari pasien TF menjelaskan bahwa awalnya ia sendiri tidak mengetahui bila istrinya akan dipulangkan.

Saat itu, Kamis (2/7/2020) pihak keluarga hendak datang hanya untuk mengantarkan makanan kepada Tf yang sedang dirawat.

"Saat itu kakaknya memang tengah perjalanan ke rumah sakit tapi tujuannya bukan menjemput TF, tapi untuk mengantarkan makanan kepadanya. Cuma dalam perjalanan ia dikasih kabar bahwa TF sudah boleh pulang," kata Dadan kepada posbelitung.co, Minggu (5/7/2020).

Saat sampai di RSUD Beltim, lanjut Dadan, kakaknya melihat sudah disiapkan dua ambulance bersama petugas yang sudah dilengkapi APD lengkap sudah siap untuk memulangkan TF.

Saat itu kakaknya diberi tahu bahwa bisa membawa pulang TF karena kebetulan kakaknya juga sudah berada di rumah sakit saat ingin mengantar makanan.

"Jadi tidak ada istilah penjemputan duluan. Saya sebagai keluarga pasien mematuhi aturan, kalau dari pihak rumah sakit sudah membolehkan pulang ya berarti sudah bisa pulang," jelas Dadan.

Ia juga menyampaikan selama ini banyak stigma negatif yang ia terima dari masyarakat.

Ia menegaskan bahwa ia dan keluarganya di Selumar, Sijuk sudah diperiksa terkait virus ini.

"Dari hasil pemeriksaan kami semuanya negatif covid-19. Hanya istri saya saja yang positif dan sekarang pun sudah dinyatakan sembuh oleh dokter di rumah sakit," kata Dadan.

Lebih lanjut, ia mengucapkan terima kasih kepada dokter, perawat, Dinas Kesehatan Beltim, dan Pemkab Beltim secara keseluruhan atas jerih payah merawat istrinya sampai sekarang dinyatakan sembuh.

"Terima kasih banyak atas semua kerja kerasnya," ujar Dadan.

Saat ini TF sedang menjalani isolasi mandiri di Puskesmas di wilayah Beltim di bawah pengawasan dari Dinas Kesehatan Beltim.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved