Breaking News:

Berita Belitung Timur

Monstera Tanaman Langka, Meski Mahal Tetap Dicari Pembeli

Saat ini yang sesang digemari oleh penghobi tanaman jenis-jenis dari aglonema, philodenron, monstera, calatea, Bougenville, kaktus, jenis lidah mertua

(posbelitung.co/suharli)
Pemilik Depot Handaru Sentra Flora, Donny Iwan Susanto saat menjnjukan beberapa tanaman Monstera yang ada di Handaru sentra Flora. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Tanaman hias jenis monstera tergolong langka. Tak salah jika harganya pun cukup mahal hingga jutaan rupiah

Pemilik Depot Handaru Sentra Flora, Donny Iwan Susanto menuturkan kendati harganya cukup fantastis tanaman tersebut cukup banyak penggemar di pulau Belitung ini.

Saat ini yang sesang digemari oleh penghobi tanaman jenis-jenis dari aglonema, philodenron, monstera, calatea, Bougenville, kaktus, jenis lidah mertua, bonsai, anggrek dan sebagainya.

"Untuk monstera yang kami jual disini monstera ada dua jenis, ada yang hijau polos dengan kisaran harga Rp 200 ribu sampai 400 ribu tergantung rimbunnya, selain itu monstera dengan daun variegata jadi daunnya berbelang menampilkan warna kombinasi hijau dan putih, karena jenis ini langka oleh para penjual dijual dengan harga yang lumayan kisaran harga Rp 2 juta perdaun bila di toko online," ujar Donny kepada posbelitung.co, Minggu (7/5/2020).

Donny mengaku penjualan Monstera dalam beberapa bulan ini, perbulannya dia bisa menjual 20 pot monstera, pembelinya pun datang dari berbagi wilayah di pulau Belitung.

Tak hanya monstera menurut Donny tanaman lama yang dulu sempat booming namun redup beberapa waktu, kini mulai banyak dicari kembali diantara tanaman Kaktus sekulen, lidah mertua, bonsai.

"Ada tren tertentu pada masyarakat penghobi jadi harga naik turun, tapi sekarang lumayan mulai bergeliat," ujarnya. 

Hobi Tanaman Menggeliat

Hoby bertanam saat ini tengah digandrungi masyarakat tak kecuali masyarakat di pulau Belitung.

Satu diantara depot Handaru Sentra Flora penjual bunga Pulau Belitung.

Banyaknya yang hobi bercocok tanam berimbas penjulan bunga, media tanam dan perlengkapan tanam lainnya pun meningkat.

Pemilik Depot Handaru Sentra Flora, Donny Iwan Susanto mengatakan adanya peningkatan pembelian tanaman dimulai dari adanya pandemi, efek dari work from home (WFH) beberapa waktu lalu, ada berimbas positif disektor tanaman hias.

"Kami ada sekitar 700-an jenis tanaman hias segala type, selain itu bibit buah-buahan unggul, pohon peneduh tanaman taman, bibit buah langka Belirung, tanaman herbal dan lain sebagainya. Mungkin ya tidak dipungkiri perekonomian dari berbagai bidang saat ini sedang turun, tapi dari sektor tanaman hias cukup bergeliat lagi," ujar Donny saat ditemui posbelitung.co, Minggu (5/7/2020).

Umumnya jenis yang banyak dibeli menurut Donny yakni aglonema karena mudah dirawat selain itu, philodenron, monstera, calatea, Bougenville, kaktus, jenis lidah mertua, bonsai dan sebagainya. 

(Posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved