Breaking News:

Pahami New Normal, Pemulihan Ekonomi dan Peran RT

NEW normal atau tatanan kehidupan baru di Kabupaten Belitung yang produktif dan aman sekarang ini menjadi sebuah pilihan untuk seluruh komponen masyar

Freepik
Ilustrasi Virus Corona atau Covid-19 

(Oleh : Disa Aryandi [Pos Belitung])

NEW normal atau tatanan kehidupan baru di Kabupaten Belitung yang produktif dan aman sekarang ini menjadi sebuah pilihan untuk seluruh komponen masyarakat. Pilihan itu, sepenuhnya mengarah kepada perputaran serta pertumbuhan ekonomi di seluruh sektor. Mulai dari sektor pariwisata, jasa dan perdagangan, kelautan dan perikanan, KUKM hingga tenaga kerja.

Pemerintah Kabupaten Belitung sekarang ini, sudah mulai merencanakan untuk kembali membangun tatanan kehidupan baru dan tidak bisa menunggu permasalahan covid-19 di dunia selesai. Beradaptasi atau hidup berdampingan dengan virus corona, harus segera dijalankan, untuk mengambil langka kepentingan yang lebih besar.

Tertanggal 1 Juli 2020, Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung dan DPRD Kabupaten Belitung sudah memutuskan untuk mulai menjalankan new normal yang produktif dan aman. Namun selama new normal tersebut berlangsung, protokol - protokol kesehatan menjadi sebuah perhatian serius yang harus dilaksanakan.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Kesehatan Republik Indonesia sekarang ini, sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.01/MENKES/335/2020 tentang protokol pencegahan penularan Covid-19 di area publik. Keputusan itu, merupakan panduan seluruh sektor dan masyarakat dalam menjalankan era new normal.

Sedangkan untuk di Kabupaten Belitung sendiri, sekarang ini sudah membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan, sesuai dengan bidang masing-masing. Terdapat 10 bidang SOP protokol kesehatan yang telah dibuat dan menjadi Peraturan Bupati (Perbup) nomor 23 tahun 2020 tentang pedoman tatanan new normal baru produktif dan aman di masa pandemi covid-19.

Bidang-bidang tersebut adalah bidang kedinasan dan tempat bekerja bagi aparatur sipil negara, bidang ini berada di sektor Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Belitung. Khusus untuk bidang ini adalah mengatur secara keseluruhan tatanan bekerja bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, agar tetap menjalankan roda pemerintahan di era new normal.

Bidang layanan kesehatan, bidang satu ini berada di sektor Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, SOP protokol kesehatan yang dibuat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut mengatur secara keseluruhan pelayanan kesehatan yang ada di Posyandu, Puskesmas Pembatu, Puskesmas, maupun Rumah Sakit, agar dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Bidang layanan pendidikan dan kebudayaan, bidang ini berada di sektor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung. Instansi ini mengatur tentang tata cara menempuh pendidikan serta mengatur tentang kegiatan belajar mengajar selama berada di sekolah, mulai pergi ke sekolah hingga peserta didik tersebut pulang lagi kerumah masing-masing.

Bidang kegiatan keagamaan, kemasyarakatan dan penyelenggaraan acara, bidang ini berada di bawah naungan Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Belitung. Yaitu mengatur tentang tatanan kehidupan masyarakat, mulai dari melaksanakan kegiatan Ibadah di tempat Ibadah, kegiatan masyarakat yang berpotensi sebuah perkumpulan, dan kegiatan yang bersifat adat istiadat.

Halaman
1234
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved