Breaking News:

Berita Belitung

Masih Ada 16 Orang Gangguan Jiwa di Belitung yang Hidupnya Menggelandang

ODGJ yang menggelandang ini memang masih memiliki keluarga, tapi pihak keluarga bosan memberikan pengobatan, perlindungan dan tempat yang layak

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid Rehabilitasi, Perlindungan, dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, Mukromi, Kamis (9/7/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Ditemukannya kasus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) meninggal dunia di rumah kosong mengingatkan masih ada ODGJ lain yang menggelandang.

Kabid Rehabilitasi, Perlindungan, dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Belitung Mukromi mengatakan diketahui masih ada ada 16 ODGJ yang bernasib serupa.

"Sebelumnya didata kami ada 26 orang. Satu sudah tenang lalu dikembalikan kepada keluarga, empat dirawat di panti sosial, lima orang meninggal dunia. Jadi saat ini ada 16 yang menggelandang," katanya, Kamis (9/7/2020).

"Kalau jumlahnya memang tidak ada peningkatan. Yang dipantau masih orang lama. Termasuk yang kemarin meninggal itu sudah masuk didata kami dari 2018," imbuh dia.

ODGJ yang menggelandang ini memang masih memiliki keluarga.

Namun kebanyakan memang keluarga sudah bosan melakukan pengobatan, memberikan perlindungan, dan penempatan yang layak.

"Selama ini, karena mereka dalam aktivitas sehari-hari punya tanggungjawab lain bukan hanya mengurus, sebenarnya mereka masih peduli," kata Romi.

Ia menjelaskan, pihaknya memang bisa merekomendasikan ke panti sosial. Namun panti pun memiliki standar operasional prosedur (SOP) seperti berusia kurang dari 50 tahun dan ODGJ dalam kondisi tenang.

Meski begitu, panti sosial yang ada di Pulau Belitung yakni Panti Bina Laras juga diperuntukkan tak hanya bagi ODGJ di Belitung tapi juga se-provinsi.

Makanya tindakan yang dilakukan seperti membantu keluarga jika tidak bisa mendampingi ODGJ ke panti sosial, pendampingan dalam edukasi keluarga, serta membantu kepengurusan administrasi seperti pembuatan KTP atau BPJS kesehatan.

(Posbelitung.co/ Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved