Amerika Serikat Umumkan Setuju Menjual 105 Pesawat Tempur Siluman F-35 ke Jepang

Menghadapi modernisasi militer China yang cepat, Jepang memutuskan untuk membeli total 105 pesawat tempur F-35A selain 42 pesawat tempur F-35B ...

ist via tribunnews
Ilustrasi Jet Tempur F-35 

POSBELITUNG.CO -- Amerika Serikat mengumumkan pada hari Kamis setempat, mereka telah menyetujui untuk penjualan 105 pesawat tempur siluman F-35 ke Jepang, dalam kesepakatan yang bernilai sekitar 23,11 miliar dolar AS atau Rp 333,7 triliun.

Adapun penjualan pesawat tempur siluman F-35 Joint Strike Fighter dan peralatan terkait ini seiring niatan Jepang untuk memperkuat kemampuan tempur angkatan lautnya.

Seperti dilansir melalui france24, Sabtu (11/7/2020), dalam sebuah pernyataan, Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa Jepang telah meminta pengajuan pembelian 63 pesawat tempur siluman F-35A, versi tradisional dari pesawat tempur multi-peran.

Dan 42 pesawat F-35B, sebuah versi yang dirancang khusus untuk kapal induk karena dilengkapi dengan kemampuan untuk berangkat di landasan pendek dan mendarat secara vertikal.

Dijelaskan, Departemen Luar Negeri AS dalam penyataannya itu menambahkan bahwa pemerintrah AS telah memutuskan untuk menyetujui perjanjian transaksi pembelian jet tempur siluman itu, yang akan "meningkatkan keamanan sekutu besar utama" di kawasan Asia Pasifik.

37 Pasangan ABG Rayakan Ultah dengan Pesta Seks, Pria 15 Thn & Cewek 13 Thn, Ada Kondom & Obat Kuat

Doa Pagi Hari Ini Mustajab Sebagai Pembuka Rezeki dan Keberkahan Hidup, Diamalkan Yuk

Jadwal Salat Wajib dan Duha 11 Juli 2020 di Pulau Bangka dan Pulau Belitung Serta Lokasi Masjid

Dalam pernyataannya itu, kementerian menekankan bahwa "adalah kepentingan utama Amerika Serikat untuk membantu Jepang dalam mengembangkan dan mempertahankan kemampuan pertahanan diri yang kuat dan efektif."

Menghadapi modernisasi militer China yang cepat, Jepang telah memutuskan untuk membeli total 105 pesawat tempur siluman F-35A selain 42 pesawat tempur F-35B selama dekade berikutnya.

Pada akhir 2018, pemerintah Jepang menyetujui rencana pertahanan lima tahun yang mencatat, khususnya, bahwa dua kapal induk bergabung dengan persenjataan militer negara itu, dmerupakan yang pertama kali sejak akhir Perang Dunia II.

Dan nilai anggaran pertahanan Jepang untuk tahun 2020-2021 mencetak rekor sebesar 50,3 miliar dolar AS, yang merupakan jumlah rekor yang dialokasikan terutama untuk membiayai pembelian pembelian jet tempur dan rudal pertahanan mengingat Jepang menghadapi ancaman dari Korea Utara (Korut) dan China.

(*)

NJS Coba Bunuh Mantan Istri dan Tiga Anaknya dengan Cara Bakar Rumah, Ternyata Sudah Dua Bulan Cerai

Kemenkes Sebut Virus Flu Babi G4 Berpotensi Menjadi Pandemi, Begini Penjelasan Lengkapnya

Ternyata Gaji Rata-rata Ninja Jepang Mencapai 2,8 Juta Yen Per Tahun, Ini Jelasnya

Patung Ibu Negara Amerika Serikat Melania Trump Dibakar di Kota Asalnya di Slovenia

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved