WHO Nyatakan Penularan Corona Bisa Lewat Udara, Disiplin Gunakan Masker Jadi Kunci Pencegahan

Disiplin menggunakan masker baik di luar maupun di dalam ruangan dinilai menjadi langkah utama mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Petugas gabungan dari Dishub, Satpol PP Surabaya, dan TNI Polri melakukan operasi patuh masker kepada pengguna jalan raya (pengendara mobil, angkutan umum, sepeda motor hingga pesepeda) di Jalan Darmo, depan Taman Bungkul, Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (9/7/2020). Bagi pengendara yang tidak memakai masker atau memakai masker namun tidak sempurna, kartu identitas ditilang (disita selama 14 hari). Untuk warga yang melanggar dan tidak membawa kartu identitas dibawa ke kantor Satpol PP untuk pendataan lebih lanjut. Operasi patuh masker itu akan digelar sampai Sabtu (11/7) di beberapa tempat untuk mensosialisasikan dan mengingatkan warga pentingnya memakai masker. 

POSBELITUNG.CO -- Saat ini disiplin dalam menggunakan masker baik di luar maupun di dalam ruangan dinilai menjadi langkah utama mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Apalagi, Badan Kesehatan Dunia ( WHO) telah menyatakan Covid-19 dapat menyebar melalui udara atau airborne.

Karenanya, ruangan tertutup pun kini semakin berisiko tinggi terhadap penyebaran virus ini.

Anggota Tim Pakar Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Budiman Bela mengungkapkan, penggunaan masker dan jaga jarak dapat menghambat transmisi virus corona.

Budiman menyebut, masker dapat menampung virus yang keluar ketika seseorang berbicara, bernyanyi, batuk, dan bersin dari hidung atau mulut.

Sudah Diberi Pekerjaan, Pria ini Malah Dibegal Temannya saat Hendak Kunjungi Bibinya di Palembang

Dengan begitu, virus yang keluar tidak akan bertransmisi.

"Ketika kita berbicara, bernyanyi, batuk, dan bersin ada potensi mengeluarkan virus ( virus corona). Namun, virus itu akan tertampung oleh masker kalau kita menggunakan masker," ungkapnya, Sabtu (11/7/2020) dilansir Kompas.com.

Lebih lanjut, Budiman juga mengungkapkan udara dingin dan ruang yang tertutup meningkatkan potensi terjadinya penularan Covid-19 lewat udara.

Namun, jika orang-orang yang ada di ruang tertutup itu menggunakan masker dan menjaga jarak aman, maka potensi tertular Covid-19 bisa dicegah.

"Tempat tertutup itu berpotensi menular juga, apalagi kalau kondisi udara dingin. Tetapi jika kita menggunakan masker dan menjaga jarak, kemungkinan untuk menular itu jauh lebih kecil," ujar Budiman.

Sehingga, salah satu langkah pencegahan transmisi Covid-19 melalui udara adalah disiplin menggunakan masker.

"Kalau ditanya pencegahannya, tetaplah gunakan masker," kata Budiman.

Sempat Cekcok Mulut, Kades ini Dibacok Warganya Pakai Samurai, Pelaku Mengamuk Karena Ingin Kerja

Selain itu protokol kesehatan lain juga harus diterapkan.

Antara lain menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta tidak menyentuh wajah sebelum melakukan cuci tangan juga penting untuk dilakukan.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved