Breaking News:

Berita Belitung Timur

Ingin Partisipasi Meningkat, Pilkades Meriah, Begini Cara yang Dilakukan Panitia di Desa Air Kelik

Panitia Pilkades di Desa Air Kelik. Mereka menyediakan hadiah atau doorprice bagi pemilih yang datang dan memberikan hak suaranya di TPS.

(Posbelitung/Suharli)
Masbi, ketua Panitia Pilkades Desa Air kelik saat berada di satu diantara TPS di Desa Air Kelik. KamisKamis (16/7/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkades di Belitung Timur berbagai cara bisa saja dilakukan oleh panitia pilkades di TPS.

Seperti yang dilakukan oleh Panitia Pilkades di Desa Air Kelik. Mereka menyediakan hadiah atau doorprice bagi pemilih yang datang dan memberikan hak suaranya di TPS

Masbi, Ketua Panitia Pilkades Desa Air Kelik saat ditemui posbelitung mengatakan, dari tiga TPS yang ada, setiap TPS menyiapkan sebanyak 62 door prize.

"Kami dari panitia kan ingin istilah memeriahkan, ingin agar partisipasi masyarakat Aik Kelik meningkat lah , kami persentasenya tinggi 80 persen keatas ya, salah satu cara kami menyediakan door prize, inisiatif dari panitia menyediakan door prize untuk 62 pemilih dalam satu TPS," ujar Masbi kepada posbelitung, Kamis (16/7/2020).

* Cuaca Mendukung Partisipasi Pemilih

Hingga pukul 13.00 WIB, pemilih Pilkades Serentak di Belitung Timur yang telah menyampaikan aspirasi suaranya telah mencapai 60 persen lebih.

Hal itu disampaikan oleh Kasi Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) Kabupaten Beltim, Aditya Kusuma.

"Untuk tingkat kehadiran sampai wawancara siang ini itu sudah di atas 50 persen jadi ada 60 persen ada yang hampir 70 persen, alhamdulillah hari ini cuaca sangat mendukung sehingga tidak ada kendala bagi pemilih atau tidak ada terhambat karena cuaca faktor cuaca yang sempat kami khawatirkan dua hari yang lalu," ujar Aditya kepada posbelitung.co, Kami (16/7/2020).

Sedangkan khusus di wilayah Kelapa Kampit dan daerah-daerah lain terkait dengan warga bekerja di perusahaan swasta , misal seperti PT SWP, maka ada dispensasi karyawannya bisa memilih mulai pukul 12.00 siang.

"memang di wilayah kampit dan desa-desa yang sebagian besar penduduk mata pilih menjadi karyawan tersebut mereka sudah melakukan perpanjangan sesuai dengan kebijakan Kabupaten yaitu pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB untuk mengantisipasi itu," jelasnya.

Selain itu, berdasarkan pantauan panitia kabupaten, semua TPS yang dikunjungi sudah menerapkan protokol kesehatans seperti menyediakan hand sanitizer, masker, dan jaga jarak.

"kursi tunggu maupun dalam bilik itu sudah sesuai dengan harapan kita bersama artinya komitmen ini sudah dilakukan oleh panitia dan komitmen itu juga apresiasi kami kepada masyarakat mereka pun melakukan protokol kesehatan tersebut," bebernya. 

(posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved