Breaking News:

Pemerintah Kucurkan Kredit Online Rp 4,2 Triliun buat Sejuta UMKM

Pemerintah menyalurkan kredit sebesar Rp 4,2 triliun untuk satu juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Tribun Jabar/Firman Suryaman
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyerahkan KUR kepada seorang peserta latihan UMKM di Kota Tasikmalaya, Jumat (10/7/2020). 

POSBELITUNG.CO--Pemerintah menyalurkan kredit sebesar Rp 4,2 triliun untuk satu juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pelaku usaha UMKM dapat mengakses kredit tersebut melalui ekosistem digital yang disebut dengan Digital Kredit UMKM (DigiKU).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan, layanan penyaluran kredit digital tersebut merupakan inovasi dari himpunan bank milik negara (Himbara). Melalui layanan digital tersebut, pelaku UMKM dapat mengakses kredit hanya dalam waktu 15 menit.

“Akan berbentuk pinjaman online, bagi para mitra UMKM. Bantuan Rp 4,2 triliun akan disalurkan 1 juta UMKM dalam ekosistem ekosistem digital dan bisa tambah sejalan dengan penyerapan UMKM,” ujar Luhut dalam video conference, Jumat (17/7/2020).

“Basis data UMKM akan berbasis pada nasabah yang dimiliki Himbara dan kredit UMKM bisa disalurkan hanya dalam waktu 15 menit. Program DigiKu bukti nyata keberpihakan Himbara kepada UMKM,” kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, melalui platform DigiKU penyaluran kredit diharapkan dapat menjangkau masyarakat luas terutama pelaku UMKM.

Dia pun berharap, target penyaluran KUR yang sebesar Rp 190 triliun tahun ini bisa dilakukan baik secara offline maupun online.

“Semoga platform ini digunakan Himbara untuk menjangkau masyarakat luas, UMKM, sehingga penyaluran KUR yang ditargetkan Rp 190 triliun, bisa dilakukan secara offline dan online,” ujar dia.

Airlangga pun memaparkan, hingga saat ini penyaluran KUR total plafon yang berhasil digelontorkan mencapai Rp 76 triliun dan disalurkan ke 2,22 juta debitur.

“Masih ada outstanding Rp 69,9 triliun. Diharapkan ini bisa diakselerasi dengan platform DigiKU dan diharapkan UMKM bisa segera pulih dari persoalan melemahnya permintaan sehingga diharapkan awal tahun depan UMKM bisa kembali beroperasi dan menemukan permintaannya,” ujarnya. (mutia fauzia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Salurkan Kredit Online Rp 4,2 Triliun untuk 1 Juta UMKM",

Editor: khamelia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved