Breaking News:

Virus Corona di Belitung

dr Cahyo Purnomo : Hasil Rapid Test Non-reaktif Tidak Bisa Dijadikan Acuan Seseorang Bebas Covid-19

Pasien terkonfirmasi positif THS warga Manggar Belitung Timur awalnya melakukan rapid test di RSUD Belitung Timur pada 15 Juli 2020 lalu.

posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Direktur RSUD Beltim dr Cahyo Purnomo. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Pasien terkonfirmasi positif THS warga Manggar Belitung Timur awalnya melakukan rapid test di RSUD Belitung Timur pada 15 Juli 2020 lalu.

Hasil rapid testnya menunjukkan non-reaktif. Tapi setelah dilakukan uji swab ternyata THS terpapar virus corona.

"Jadi memang hasil rapid test tidak bisa dijadikan acuan untuk menentukan seseorang bebas corona," kata Direktur RSUD Belitung Timur dr Cahyo Purnomo saat press conference di Media Center Covid-19, Sabtu (18/7/2020).

Press conference yang dilakukan di Media Center Covid-19 yang dipimpin Sayono, dr Cahyo, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Febby Sandranita.
Press conference yang dilakukan di Media Center Covid-19 yang dipimpin Sayono, dr Cahyo, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Febby Sandranita. (posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

dr Cahyo mengatakan walaupun hasil rapid test THS non-reaktif tapi ia juga mengalami gejala klinis yang mengarah ke Covid-19. Karena itu langsung dilakukan pengambilan sampel swab pada 16 dan 17 Juli 2020.

"Ia demam tujuh hari, batuk berdahak, dan mual-mual. Sampai sekarang masih ada gejala tersebut tapi kondisinya stabil," tambah dr Cahyo.

Satu Guru Belitung Timur Positif Covid-19

Seorang guru di satu sekolah di Manggar Belitung Timur bernama THS dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19, Sabtu (18/7/2020).

Asisten I bidang Pemerintah dan Sosial Sayono mengatakan pasien tersebut merupakan lelaki berusia 52 tahun dan merupakan warga Desa Padang Manggar, Belitung Timur.

"Pasien THS diketahui pernah melakukan perjalanan ke Palembang dari 1-6 Juli 2020 lalu ke Pulau Bangka dari 7-9 Juli 2020. Kemudian pada 15 Juli 2020 THS datang ke RSUD Belitung Timur untuk memeriksakan diri karena mengalami gejala demam tujuh hari disertai batuk berdahak dan mual," kata Sayono saat press conference di Media Center Covid-19, Sabtu (18/7/2020).

Sayono menjelaskan saat THS ke RSUD Belitung Timur memeriksakan diri, ia juga sempat dilakukan rapid test dan hasilnya non-reaktif.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved