Breaking News:

Advertorial

Bupati Belitung Tinjau Lahan Bakal Objek Wisata Alam

BUPATI Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) bersama Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori meninjau lahan pengembangan area wisata Batu Itam, Selasa (21/7).

Bupati Belitung Tinjau Lahan Bakal Objek Wisata Alam - bupati-belitung-h-sahani-saleh-2207.jpg
Pos Belitung/Disa Aryandi
MENINJAU LAHAN BAKAL WISATA ALAM - Bupati Belitung H Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori beserta rombongan meninjau ke lahan pembangunan area wisata di Desa Batu Itam.

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Bupati Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) bersama Ketua DPRD Kabupaten Belitung Ansori meninjau lahan pengembangan area wisata Batu Itam, Selasa (21/7/2020).

Rencananya tahun 2020 ini lahan seluas 25 hektar yang dikelola oleh PT Tunas Propindo Lestari tersebut bakal dibangun objek wisata alam.

Turut serta dalam peninjauan tersebut Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Belitung H MZ Hendra Caya, anggota Komisi II DPRD Belitung, Fendi Haryono, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, UPT Kehutanan Wilayah Belitung, Ketua RT 01/01, Mardia, Kepala Dusun I Desa Batu Itam, Rusdi, Ketua BPD Desa Batu Itam, Mardona dan Kasi Pemerintahan Desa Batu Itam, Heni Novita.

"Kedatangan kami sebagai bentuk dukungan kepada investor. Di tengah pandemi seperti ini, sulit mencari investor, mumpung ini ada yang mau harus didukung. Kami tadi juga sudah sepakat, karena ini belum ada nama jadi kami sepakat beri nama Tanjong Kubu Geopark Resort,” kata  Sahani Saleh, Selasa (21/7/2020).

Menurut Sahani Saleh, Kabupaten Belitung memiliki banyak tempat wisata yang menggunakan nama Tanjong. Maka objek wisata alam yan gbakal dibangun ini juga dinamai Tanjong, agar sejarah tempat ini tidak hilang. “Ini nanti akan menyerap tenaga kerja lokal banyak sekali, baru mulai saja warga setempat sudah bekerja di sini sebagian, apalagi nanti,” ujar Sahani Saleh.

MENINJAU LAHAN BAKAL WISATA ALAM - Bupati Belitung H Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori beserta rombongan meninjau ke lahan pembangunan area wisata di Desa Batu Itam.
MENINJAU LAHAN BAKAL WISATA ALAM - Bupati Belitung H Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori beserta rombongan meninjau ke lahan pembangunan area wisata di Desa Batu Itam. (Pos Belitung/Disa Aryandi)

Bupati mengaku sulit mencari investor di tengah pandemi covid-19 sehingga bila ada yang ingin membangun, akan disambut dengan baik. “Jadi jangan sia-siakan, mumpung ada investor sekarang ini, harus didukung dan warga setempat juga mendukung pembangunan ini,” ucapnya.

Sementara itu PT Tunas Propindo Lestari sudah memegang surat izin usaha pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam-penyedia sarana wisata alam (IUPJLWA-PSWA) yang ditandatangi Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman pada 13 Desember 2019 lalu.

“Izin kawasan hutan sudah ada, itu sesuai dengan Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 188.44/694.a/Dishut. Nah sekarang di tahap awal kami sudah mulai bergerak untuk mengarah ke pembangunan. Akhir tahun ini akan mulai pembangunan,” kata perwakilan PT Tunas Propindo Lestari, Tri Apriliansyah (Yayan).

Dikatakannya, lahan ini masih dalam tahap perizinan untuk realisasi pembangunan. Bila izin pembangunan sudah keluar, maka akan segera dilakukan pembangunan.

“Ini nanti konsepnya wisata alam yang akan dikembangkan, seperti wisata pantai, tracking mangrove, rumah pohon, hiking, flyingfox, penginapan/cottage semi permanen, bumi perkemahan/camping ground, wisata susur pantai/kano, taman koleksi tumbuhan dan sarana penunjang kepariwisataan lainnya,” jelasnya.

Menurut dia, dalam proses pembangunan, perusahaan tidak merusak hutan mangrove melainkan menjadikan hutan mangrove tersebut sebagai wisata alam. “Termasuk nanti kami akan melibatkan warga setempat untuk tenaga kerjanya,” katanya. (advertorial/tas)

Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved