Breaking News:

Berita Belitung Timur

Herwandi Lakukan Cara Ini, Taklukan Ular Sanca di Kandang Ayam Milik Camat Kelapa Kampit

Saat menangkap ular sanca yang ditemukan di kadang ayam rumah Dinas Camat Kelapa Kampit, ular tersebut sempat melawan ketika akan dievakuasi.

Ist/Syahril
Seekor ular sanca saat melilit di kandang ayam milik Camat, Kelapa Kampit, Rabu (22/7/2020) 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Herwandi warga Desa Mayang, yang melakukan evakuasi ular sanca di kandang ayam milik Camat Kelapa Kampit Syahril mengaku memang sudah beberapa kali ketika ada kejadian serupa dihubungi untuk menangkap ular.

Saat menangkap ular sanca  sepanjang  tiga meter yang melilit di tiang kandang ayam, ular tersebut sempat melawan ketika akan dievakuasi.

"Kalau biasanya saya tangkap kepalanya dulu supaya tidak mematuk kan, tapi tadi sempat ngelawan, kepalanya juga sempat mematuk kayu kandang, karena posisinya saat itu melilit di kayu jadi ekornya saya tarik dulu, biar badannya memanjang," ungkap Herwan kepada posbelitung.co, Rabu (22/7/2020).

Usai berhasil ditangkap mulut ular pun dilakban agar tidak menggit, selanjut dimasukan kekarung.

Dia berbagi tips cara aman menangkap ular liar yang masuk dalam rumah, sepengalamannya saat ular sanca dalam posisi memanjang atau tidak melingkar menurutnya hanya bisa mengangkat kepala sekitar 20 centimeter jadi saat mematuk tidak terlalu jauh.

"Kalau dalam posisi mau menyerang bila ada ada karung, karung itu dilipat seperti buntalan lempar kedekat mulut ular biar digigit, karena giginya kan tajam, jadi pas mau nangkap kepalanya aman karena mulutnya sudah nancap di karung, atau bisa juga menggunakan kayu kepalanya dijepit," jelasnya.

Dia pun menyarankan bila ragu menangkap ular sanca yang tidak sengaja masuk rumah atau kadang hewan peliharaan sebaiknya memanggil orang yang paham cara menangkapnya. 

Warga yang membantu proses evakuasi ular sanca di rumah dinas Camat Kelapa kampit Syahril. Rabu (22/7/2020)
Warga yang membantu proses evakuasi ular sanca di rumah dinas Camat Kelapa kampit Syahril. Rabu (22/7/2020) (Ist/Syahril)

Ular Sanca Tiga Meter Lilit Tiang Kandang Ayam

Saat bangun pagi Camat Kelapa Kampit, Syahril dikejutkan dengan keberadaan ular sanca di kandang ayam miliknya.

Dibantu sekitar tiga orang, ular dengan panjang sekitar tiga meter itu berhasil dievakuasi.

Syahril mengungkapkan sudah berulang kali ular sanca masuk ke kandang ayam miliknya, namun kali ini yang paling besar.

"Sekitar pukul 03.00WIB memang dari kandang ayam terdengar suara, tapi kami tidak menduga itu ular," kata Syahril saat ditemui Posbelitung di kantornya, Rabu (22/7/2020).

Saat akan memberi pakan ayam, istri Syahril melihat semua ayam yang ada di kandang sudah tidak ada lagi, begitu melihat dari luar kandang didapati ular sedang melilit kayu yang ada di langit-langit kandang.

"Itu langsung teriak manggil saya, kalau kecil mungkin saya masih bisa tangkap sendiri, karena melihat ukuran yang lumayan besar saya hubungi warga yang biasanya menangkap ular," ungkap Syahril.

Membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengevakuasi ular sanca itu, sempat ada perlawanan dari ular sanca tersebut karena membelit kuat ditiang. Namun dibantu dua orang lainnya ular tersebut dapat di tangkap dan dimasukan ke karung. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved