Breaking News:

Berita Belitung

Kebutuhan Hewan Kurban di Kabupaten Belitung Sudah Terpenuhi

Data terbaru yang dihimpun, jumlah sapi kurban yang masuk ke Belitung adalah berjumlah 606 ekor, sedangkan kambing ada 1.555 ekor.

Grid.ID | Rangga Gani Satrio
Ilustrasi Hewan kurban Idul Adha Ayu Ting Ting menurut pantauan Grid.ID di kediaman Ayu di Depok, Jawa Barat, Minggu (11/8/2019). Ada surat edaran yang diterbitkan Muhammadiyah tentang tuntunan ibadah Puasa Arafah, Idul Adha, Kurban, dan Protokol Ibadan Kurban di masa pandemi Virus Corona. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sejak pendataan hewan kurban pada 6 Juli lalu, terjadi penambahan signifikan hingga Selasa (21/7/2020).

Data terbaru yang dihimpun, jumlah sapi kurban yang masuk ke Belitung adalah berjumlah 606 ekor, sedangkan kambing ada 1.555 ekor.

Begitulah yang disampaikan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Suparman.

"Kalau kebutuhan mengacu pada data 2019 yakni ada 550 ekor sapi dan 1500 ekor kambing, maka dari kebutuhan yang didata sampai kemarin sudah terpenuhi," katanya, Rabu (22/7/2020).

Meski begitu, ada kemungkinan akan masuk lagi kambing sekitar 100 ekor.

Juga menjelang Iduladha penambahan kandang penjual hewan kurban ada di 34 titik.

"Sampai kemarin saya turunkan tim, itu semua kandang sudah terisi dan target kebutuhan yang direncanakan sudah terpenuhi," jelasnya.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan tim dari dinas tersebut, sejauh ini kondisi hewan kurban aman.

Sehingga telah ditandai dengan label sehat.

"Kami terkait pelayanan teknis, jadi kalau apa yang menjadi kendala dari masyarakat terkait hewan kurban kami siap membantu," ujarnya.

Suparman menjelaskan, berdasarkan pengalaman sebelumnya pembeli kebanyakan membeli disaat-saat terakhir yakni sekitar 10 hari menjelang Iduladha.

"Sepuluh hari terakhir baru melihat kondisi dan beli disaat-saat terakhir. Kalau kemarin masih sepi, memang di 10 hari terakhir (konsumen beli)," tuturnya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved