Kriminalitas

Kepergok Warga, Pembobol ATM Kabur Usai Rusak CCTV

Mereka juga diduga merusak kamera tersembunyi (CCTV) yang ada dalam galeri berisi tiga mesin ATM tersebut. Buktinya, di CCTV itu ada bekas terbakar.

Penulis: tidakada007 | Editor: Khamelia
For Serambinews.com
Lokasi mesin ATM Bank Aceh yang berada di Galeri ATM yang berlokasi di halaman Ariefa Mart milik Haji Zarkasi, di Desa Blang Pulo Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, pada Kamis (23/7/2020) sekira pukul 3.00 WIB pagi dirusak OTK. 

Kepergok Warga, Pembobol ATM Kabur

POSBELITUNG.CO - Sekelompok orang coba merusak atau membobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM ) Bank Aceh Syariah yang berada di halaman Ariefa Mart, Desa Blang Pulo, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Kamis (23/7/2020) pagi sekitar pukul 03.00 WIB. Namun, aksi pelaku yang diperkirakan lebih dari dua orang itu gagal dan mereka memilih untuk kabur karena kepergok warga yang melintasi kawasan tersebut.

Informasi yang diperoleh Serambi, kemarin, untuk merusak bagian samping mesin ATM Bank Aceh di halaman swalayan milik H Zarkasyi, ini pelaku diduga menggunakan alat las listrik.

Mereka juga diduga merusak kamera tersembunyi (CCTV) yang ada dalam galeri berisi tiga mesin ATM tersebut. Buktinya, di CCTV itu ada bekas terbakar.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto SIK, kepada Serambi, Kamis (23/7/2020), mengatakan, pihaknya mengakui kejadian tersebut setelah memperoleh informasi atau laporan dari warga Blang Pulo.

"Setelah mendapat informasi dari warga setempat yang melihat beberapa pelaku ingin merusak mesin ATM itu, Wakapolsek Muara Dua bersama Kanit Sabhara langsung ke meluncur lokasi," ujarnya.

Dugaan sementara, sebut Kapolres, pelaku melakukan aksinya menggunakan alat las listrik. Untuk mengusut kasus tersebut, tambah AKBP Eko Hartanto, pihaknya sudah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP), mengambil dokumen, serta melaporkan pada piket Pawas dan SPK Polres.

"Untuk di lokasi kejadian, anggota kami mendampingi piket pawas, AKP A Yani, melakukan olah TKP, memasang police line (garis polisi), dan sudah menghubungi security (satpam) Bank Aceh Syariah," jelas Kapolres.

Buru pelaku

Tim Resmob Satreskrim Polres Lhokseumawe sedang memburu kelompok yang coba merusak atau membobol mesin ATM tersebut. “Kita minta pelaku segera menyerahkan diri, sebelum polisi melakukan tindakan terukur,” tegas AKBP Eko Hartanto.

Ia menambahkan, dalam sebulan terakhir ada beberapa kasus pembobolan ATM. Terbaru, kasus pembobolan ATM Bank BNI 46 di Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Selain itu, pembobolan toko kelontong dan pemecahan kaca mobil Oddesey dimana pelaku berhasil membawa kabur uang Rp 19 juta. “Ini menandakan kasus kriminal selama pandemi Corona ini meningkat. Jadi, kita semua harus selalu waspada,” jelasnya.

Dengan meningkatnya kriminalitas terutama menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, sambung Kapolres, pihaknya siap memberi pengawalan kepada semua pihak yang membutuhkan tanpa dipungut biaya. "Jika khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan setelah ambil uang di bank, maka boleh minta pengawalan dari polisi dan ini gratis demi keamanan uang anda,” tegas Kapolres.

AKBP Eko Hartanto juga meminta kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati menjelang Hari Raya Idul Adha. “Kepada pihak bank, kita minta untuk segera ada menambah satpam dan CCTV di lokasi mesin ATM. Ini harus menjadi perhatian semua pimpinan bank,” pungkasnya. (zak/Sumber: Serambi Indonesia)

Artikel ini telah tayang di SERAMBINEWS.COM dengan judul Kepergok Warga, Pembobol ATM Kabur

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved