Breaking News:

Keutamaan pada 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah, Berikut Amalan Yang Dianjurkan

Dengan berpuasa Arafah maka Allah SWT akan memberikan ampunan atas dosa-dosa di tahun lalu dan yang akan datang.

nytimes.com
Ilustrasi Ibadah haji 

POSBELITUNG.CO - Memasuki bulan Dzulhijjah umat muslim disarankan untuk meningkatkan kualitas amal ibadah kepada Allah SWT.

Meningkatkan kualitas amal ibadah bisa diantaranya menjalankan amalan-amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan pada  10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Nabi Muhammad SWA pernah menyinggung soal keutamaan amalan sunnah di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.

Bagaimana jika  sudah terlewat satu hari tidak menjalankan amalan tersebut?

Tidak masalah, karena amalan sunnah di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah bisa dilakukan di hari kedua dan seterusnya sebelum hari Tasrik.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Nabi Muhammad pernah menyinggung soal keutamaan amalan sunnah di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.

Rasulullah SAW bersabda

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ . يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

“Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).”

Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?”

Halaman
1234
Editor: rusmiadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved