Breaking News:

Berita Belitung

Penyelesaian Lahan Pembangunan Sport Center di Belitung, Pemkab Belitung akan Bentuk Tim Terpadu

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, untuk pembangunan sport center di Desa Perawas, Tanjungpandan sekarang ini memang terkendala lahan.

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Bupati Belitung Sahani Saleh di sela kegiatan pembukaan Festival Geopark di Batu Bedil, Jumat (29/11/2019) 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, untuk pembangunan sport center di Desa Perawas, Tanjungpandan sekarang ini memang terkendala lahan, yang sempat Izin Usaha Pertambangan (IUP) salah satu perusahaan kaolin di perpanjang oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Untuk mencari solusi permasalahan tersebut, Pemerintah Kabupaten Belitung sudah berencana untuk membentuk tim terpadu, agar persoalan tersebut bisa dengan cepat terselesaikan.

Apalagi sebagai lahan yang ingin dibangun sport center tersebut, ada area kawasan hutan konservasi.

"Kami sudah sonding ke pemerintah pusat, lahan konservasi ini ada 2.600 hektar, nah kami minta 1.000 hektar nya dikeluarkan dari hutan konservasi. Itu tentu nantinya untuk pengembangan sport center itu," ungkap Sanem kepada Posbelitung.co, sabtu (25/7/2020).

Rencana di atas lahan tersebut, kata dia, selain membangun sport center, akan dibuat perumahan dinas kepala daerah, pimpinan DPRD.

Secara keseluruhan pembangunan tersebut mengarah kepada sport dan wisata religi, lantaran sudah direncanakan pula untuk pembangunan rumah ibadah seluruh agama.

"Nah untuk rumah ibadah ini akan di bangun di atas lahan dua hektar dua hektar, jadi semua terpadu. Sebetulnya kalau untuk sport center, secara master plan sudah jadi, hanya terkendala lahan, nah bagaimana nanti kami dan lembaga legislatif sama-sama mendorong ini," bebernya.

Sanem memprediksi, untuk satu atau dua tahun kedepan rencana pembangunan tersebut belum bisa terealisasi, diperkirakan finalisasi yaitu mencapai 10 tahun kedepan. Namun apabila sudah dimulai dengan batu pertama, dan persoalan lahan selesai, diyakini akan cepat selesai.

"Karena banyak yang ingin membantu untuk pengembangan nya, seperti islamic center sudah ada yang ingin membangun, bahkan apabila itu sudah jadi, hambalang siap untuk dipindahkan ke Belitung," bebernya.

Terselesaika nya persoalan lahan tersebut hingga 100 persen pembangunan terealisasikan sesuai dengan rencana, lanjut dia, merupakan cita-cita Pemerintah Kabupaten Belitung.

Halaman
123
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved