Breaking News:

Berita Belitung Timur

Peringati Hari Manggrove Dunia, Disbudpar Buat Lagu dengan Aransemen Musik Melayu Belitung Timur

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur yang disponsori oleh Bank Sumsel Babel membuat sebuah program kolaborasi...

Istimewa/dok.Disbudpar Beltim
Bagian dari proses pembuatan video klip Mangroveku dengan aransemen musik Melayu Belitung Timur 

POSBELITUNG.CO, BELITUNGTIMUR - Hari Mangrove Sedunia yang diperingati pada 26 Juli merupakan momentum yang tepat untuk merenungkan bahwa betapa pentingnya ekosistem mangrove bagi tanah air ini.

Apalagi Indonesia merupakan negara yang dikaruniai mangrove terluas di dunia.

Sudah sewajarnya masyarakat tetap menjaga kelestarian ekosistem mangrove guna keberlangsungan hidup manusia dan alam.

Melalui hal tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur yang disponsori oleh Bank Sumsel Babel membuat sebuah program kolaborasi dengan menggarap sebuah karya lagu berserta video klipnya.

Produksi lagu dan video klipnya melibatkan Sanggar Seni Pinang Gading, Siswa-Siswi Sekolah Dasar, Komunitas Pecinta Lingkungan, Pembatik Mangrove dan Nelayan dengan konsep Edukasi, Konservasi dan Wisata yang dikemas dalam kreasi seni dan budaya Melayu di Belitung Timur.

Lagu tersebut berjudul Mangroveku dengan aransemen musik Melayu Belitung Timur.

"Karya tersebut adalah bentuk dari kepedulian kita bersama dalam menjaga kelestarian ekosistem mangrove yang ada di Indonesia maupun dunia," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Timur, Evi Nardi. Minggu (25/7/2020)

Evi mengatakan, walau pun kondisi pandemik seperti sekarang ini, tidak menyurutkan kreativitas untuk tetap berkarya dan mengajak keluarga, sahabat-sahabat, saudara-saudara semua dan seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian mangrove.

"Karena sejatinya mangrove ini adalah milik kita bersama. Diharapkan dengan adanya lagu ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat luas mulai anak-anak sekolah sampai orang dewasa akan pentingnya menjaga kelestarian hutan mangrove," ujar Evi.

Selain itu karya ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi kepada semua pelaku seni dan budaya, siswa-siswi sekolah, komunitas pecinta lingkungan, pelaku ekonomi kreatif serta generasi muda Belitung Timur agar selalu semangat dalam berkarya dengan berbagai inovasi dan kreativitas di bidangnya masing-masing untuk kemajuan Kabupaten Belitung Timur tentunya dengan memanfaatkan berbagai momentum perayaan dan peringatan hari-hari besar sebagai contohnya Peringatan Hari Mangrove Sedunia.

Karya ini menjadi bukti bahwa generasi muda Belitung Timur dan masyarakat Belitung Timur memiliki potensi yang sangat luar biasa diberbagai bidang, tinggal bagaimana kita saling mengkolaborasikan dan sama-sama bersinergi untuk membangun Belitung Timur yang lebih maju. (Posbelitung.co/suharli/*)

Penulis: Suharli
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved