Breaking News:

Berita Belitung

Bangka Belitung akan Jadi Destinasi Halal Kelas Dunia, UKM Diharapkan Mengurus Sertifikat Halal

Nardi Pratomo mengatakan wilayah kepulauan ini digadang-gadang akan menjadi destinasi halal kelas dunia beberapa waktu ke depan.

posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Direktur LPPOM Bangka Belitung Nardi Pratomo 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Makanan (LPPOM) Bangka Belitung Nardi Pratomo mengatakan wilayah kepulauan ini digadang-gadang akan menjadi destinasi halal kelas dunia beberapa waktu ke depan.

Mendukung hal ini, ia mengimbau kepada seluruh UKM di bidang makanan untuk mengurus sertifikat halalnya.

"Sertifikat halal ini bukan kami yang minta tapi dasarnya adalah undang-undang. Jadi harus dipenuhi. Kalau tidak ada sertifikat ini tidak bisa jualan ke depannya. Ini juga sebagai modal kita dalam kesiapan menuju the real halal tourism destination," ujar Nardi kepada posbelitung.co, Senin (27/7/2020).

Nantinya bagi kantor-kantor, perusahaan, dan lainnya jika mengadakan seminar atau acara diminta untuk mengadakan tender kepada tempat-tempat yang sudah ada sertifikat halalnya.

Sejauh ini, di Bangka Belitung sudah ada 1480 UKM bidang makanan yang sudah mengantongi sertifikat halal, 200 di antaranya berada di Pulau Belitung.

"Namun banyak juga yang belum. Dan kami juga banyak temukan tempat makan utamanya seafood yang masih memakai arak putih dalam memasaknya. Ini jelas tidak halal," tegasnya.

Ia mengajak kepada seluruh UKM agar bisa mengurus sertifikat halal karena manfaatnya banyak, satu di antaranya komsumen tidak ragu lagi untuk makan di tempat tersebut.

"Terakhir kami menyerahkan sertifikat halal perpanjangan kepada Ertan Resto dan Nuriday Cafe di Manggar. Kami apresiasi kepada pihak tersebut karena sudah mau memperpanjang sertifikat halalnya," kata Nardi.

Masyarakat yang masih bingung juga bisa berkonsultasi dulu mengenai prosedur dan sebagainya kepada kantor LPPOM MUI Bangka Belitung perwakilan Belitung di nomor +62 831-5792-5066 dengan nama Istanty.

"Harapannya UKM-UKM yang sudah bersertifikasi halal ini bisa berjaya di dalam negeri bahkan di luar negeri," harap Nardi.

(Posbelitung.co/ Bryan Bimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved