Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Pasien Positif Covid-19 di Belitung Beberkan Sembuh Setelah Uji Swab PCR Pakai Biaya Sendiri

Seorang pasien terpapar covid-19 di Belitung dan sudah dinyatakan sembuh membeberkan kesembuhannya

Freepik
Ilustrasi Virus Corona atau Covid-19 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Seorang pasien terpapar covid-19 di Belitung dan sudah dinyatakan sembuh, oleh Gugus Tugas Penangan Covid-19 Kabupaten Belitung, Senin (27/8/2020) membeberkan kesembuhannya.

Pasien berinisial AS (28) warga Desa Aik Pelempang, Kecamatan Tanjungpandan mengatakan sudah keluar dan dipindahkan dari RSUD H Marsidi Judono Belitung pada 8 Juli 2020 ke SKB Tanjungpandan dan sudah dinyatakan sembuh pada 25 Juli 2020 kemarin.

"25 Juli itu saya sudah keluar dari SKB. Untuk hasil laboratorium juga, bukan dari Dinkes Provinsi Bangka Belitung tetapi dari laboratorium Rumah Sakit Timah Pangkalpinang," ucap AS kepada Posbelitung.co, senin (27/7/2020).

Uji PCR tersebut atas permintaan sendiri dan mengeluarkan biaya sendiri dari perusahaan tempatnya bekerja.

Hanya saja untuk pengambilan sampel swab meminta bantuan petugas RSUD H Marsidi Judono Belitung.

"Ya pihak Dinkes Belitung hanya menanggung biaya pengiriman sampel saja. Ya sebelumnya tidak bayar. Hanya yang terakhir ini lah karena pihak perusahaan saja ingin membandingkan hasil swab, jadi meminta cek di RSBT Pangkalpinang," ujarnya.

Seperti diberikan sebelumnya, satu orang pasien terpapar covid-19, senin (27/7/2020) di Kabupaten Belitung dinyatakan sembuh.

Pasien tersebut sembuh setelah melakukan pemeriksaan uji PCR specimen swab tenggorokan dari laboratorium kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Pasien ini sudah dua kali melakukan uji PCR  dan secara berturut-turut, hasilnya negatif. Pasien ini masuk ke ruang isolasi RSUD H Marsidi Judono 15 Juni, dan keluar 25 Juli untuk dipindahkan ke SKB dan hari ini dinyatakan sembuh," ungkap Direktur H Marsidi Judono Kabupaten Belitung dr Hendra kepada Posbelitung.co, senin (27/7/2020).

Walaupun satu orang hari ini dinyatakan sembuh dari covid-19 namun terdapat satu orang pasien baru yang positif terpapar covid-19. Pasien itu adalah pasien ke 19 yang dinyatakan positif covid-19.

Pasien ini lelaki berusia 69 dengan inisial JK, seorang kapten kapal tongkang yang berasal dari Palembang.

"Pasien ini awalnya pernah rapid test di RS Utama Tanjungpandan dengan hasil reaktif. Kemudian saat di swab, hasilnya positif. sekarang pasien ini sudah dilakukan karantina di SKB Tanjungpandan," jelasnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved