Polisi Siapkan Pengamanan, Arus Mudik Diprediksi Ramai Jelang Iduladha

Salah satu titik yang menjadi fokus pengecekan, yakni Exit tol Ngawi yang merupakan tol perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Editor: Tedja Pramana
kompas.com
Ilustrasi kemacetan mengular sepanjang 18 kilometer di ruas tol Pejagan - Brebes Timur, Jawa Tengah. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Kepadatan lalulintas diprediksi meningkat menjelang hari raya Iduladha yang jatuh hari Jumat 31 Juli 2020.

Terutama di ruas tol yang mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan, mengatakan, arus mudik pada hari raya Idul Adha pekan depan akan mendapat perhatian khusus dari pihak Polri.

Menurut Rudi, sebab hari raya Idul Adha tahun ini bertepatan dengan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.

Membuat para wisatawan turut memenuhi arus lalu lintas, terutama mereka yang memanfaatkan libur sejak 31 Juli hingga 2 Agustus 2020.

"Pasti akan ada peningkatan atau lonjakan arus lalu lintas," ujar Rudi, dalam keterangan tertulis (24/7/2020).

Rudi menambahkan, salah satu titik yang menjadi fokus pengecekan, yakni Exit tol Ngawi yang merupakan tol perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selain itu juga Gerbang Tol Colomadu, yang menjadi pintu masuk bagi wisatawan atau pe mudik dari arah Jakarta dan Semarang menuju Yogyakarta.

Ia mengatakan, gerbang tol ini merupakan tol favorit bagi pengendara dari arah Barat, baik dari Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah yang menuju Cepu dan Bojonegoro, maupun Surabaya.

"Karena itu untuk antisipasi lonjakan kendaraan, Korlantas Polri mengantisipasi dengan pengaturan kendaraan atau rekayasa lalu lintas. Juga berkoordinasi dengan pemangku wilayah setempat," kata Rudi.

Rudi juga mengatakan, lonjakan volume kendaraan dapat diantisipasi dengan membuka delapan gerbang tambahan. Berikut pengadaan mobile reader yang bisa mengurangi antrean kendaraan di gerbang tol. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Arus Mudik Idul Adha Diprediksi Ramai, Polisi Siapkan Pengamanan"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved