Breaking News:

Berita Belitung Timur

Darmansyah: Program Harus Dibangun dengan Perencanaan yang Kuat

Anggota DPD RI Darmansyah Husein mengatakan sebuah program harus dibangun dengan perencanaan yang kuat.

Posbelitung.co/BryanBimantoro
Kepala Bappelitbangda Beltim Bayu Priyambodo saat menyerahkan souvenir kepada Anggota DPD RI Darmansyah Husein di Kantor Bappelitbangda, Selasa (28/7/2020). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Anggota DPD RI Darmansyah Husein mengatakan sebuah program harus dibangun dengan perencanaan yang kuat.

"Perencanaan sebuah program harus punya karakter dan reasoning yang kuat. Kalau sudah begitu otomatis uang mengikuti. Kalau dulunya money follow function, kalau sekarang money follow program," kata Darmansyah saat mengunjungi Kantor Bappelitbangda Belitung Timur dalam agenda resesnya, Selasa (28/7/2020).

Darmansyah menyampaikan banyak orang memunculkan program dari sebuah mimpi, tapi tidak semua mimpi bisa dijadikan ke dalam sprogram. Harus bisa dirasionalisasikan menjadi rencana-rencana dulu baru bisa dilaksanakan.

"Saya ingin membangun kembali itu dan peran bappelitbangda dalam hal ini. Ide-ide pembangunan, pengembangan pariwisata, pertanian seperti kopi, dan sektor lainnya. Bappelitbangda berperan di situ, bagaimana merealisasikan program tersebut tidak asal jadi," ungkap Darmansyah.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Belitung Timur Bayu Priyambodo mengatakan kunjungan Darmansyah Husein ini bisa mengintensifkan komunikasi dengan penguatan anggaran khususnya dana perimbangan.

"Seperti yang kita ketahui bahwa PAD kita hanya berapa persen dari total belanja. Kita akan menguatkan dana perimbangan karena sekarang proposal based maka kita harus kuatkan dengan sistem dan Pak Darmansyah siap membantu hal itu," kata Bayu.

Penyaluran BLT di Beltim Dinilai Sidah Baik

Anggota DPD RI perwakilan Bangka Belitung Darmansyah Husein menilai bahwa pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Belitung Timur sudah baik.

Ia mengatakan hal tersebut karena sudah mendengar sendiri respon dari masyarakat.

"Kalau ditanya ke sini (pemerintah, red) kan pasti dijawab sudah baik. Kalau tanya ke masyarakat langsung itu bilangnya sudah baik. Kita apresiasi itu," kata Darmansyah kepada Posbelitung.co seusai kegiatan resesnya di Kantor Bappelitbangda Beltim, Selasa (28/7/2020).

Ia menambahkan saat mengecek masalah implementasi program kegiatan dari pemerintah pusat terkait penanganan Covid-19 di desa-desa cukup bagus.

"Yang tidak tepat sasaran sedikit saja," ungkap Darmansyah.

Lebih lanjut dia menyampaikan pemerintah selaku institusi pelaksana dan masyarakat yang merasakan program itu harus klop.

"Jangan nanti pemerintah sudah bilang bagus, ternyata di lapangan kebalikannya. Alhamdulillaah Beltim ini bagus saya lihat," kata Darmansyah.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved