Breaking News:

Berita Belitung

DLH Belitung Minta Pembagian Daging Kurban Gunakan Kantong Berbahan Daun Simpur dan Tali Purun

Untuk mengurangi sampah plastik ini juga sudah disosialisasikan oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Laskar Bersih Sampah (Lebah) DLH Belitung.

Pos Belitung/Novita
Proses pemotongan hewan kurban di Masjid Agung Al Mabrur, Sabtu (2/9/2017). Pos Belitung/Novita 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung meminta agar pembagian daging hewan kurban saat Idul Adha nantinya menggunakan kantong dari daun simpur dan tali purun sebagai pengikatnya.

Kepala DLH Kabupaten Belitung Edi Usdianto mengatakan hal ini dilakukan untuk mengurangi sampah plastik di Kabupaten Belitung.

Untuk mengurangi sampah plastik ini juga sudah disosialisasikan oleh Tim Satuan Tugas (Satgas) Laskar Bersih Sampah (Lebah) DLH Belitung.

"Ya kami sudah siapkan untuk solusi pengurangan penggunaan plastik, dan memang biasa terjadi panitia kurban saat pembagian hewan potong, menggunakan plastik, jadi solusi nya pakai daun simpor," ungkap Kepala DLH Kabupaten Belitung Edi Usdianto kepada Posbelitung.co, selasa (28/7/2020).

Terkait hal ini juga Bupati Belitung sudah mengeluarkan surat edaran (SE) nomor : 658.1/741.DLH/II/1.2020 tentang pelaksanaan Idul Adha 1441 Hijriah tanpa sampah di Kabupaten Belitung.

SE tersebut pula, mengacu kepada SE Menteri Lingkungan Hidup nomor : SE.8/PSLB3/P5/PLB.0/7/2020.

"SE nya sudah kami sebarkan ke setiap Surau dan Masjid di Belitung, agar bisa dipersiapkan. Selain daun simpor, daun pisang juga boleh," ujarnya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved