Breaking News:

Berita Belitung Timur

Kemenag Babel Perbolehkan Gelar Shalat Idul Adha di Masjid Tapi Terapkan Protokol Kesehatan

Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Bangka Belitung Muhammad Ridwan membolehkan melaksanakan ibadah salat Idul Adha di masjid, musala, atau la

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Kakanwil Kemenag Babel Muhammad Ridwan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNGTIMUR - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepulauan Bangka Belitung Muhammad Ridwan membolehkan melaksanakan ibadah salat Idul Adha di masjid, musala, atau lapangan.

Ia mengatakan hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama nomor 18 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban tahun 1441 H / 2020 M Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

"Boleh melaksanakan salat Idul Adha dengan harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Misal memakai masker, mencuci tangan, dan yang terpenting jaga jarak," kata Ridwan kepada posbelitung.co, saat ditemui di Kantor Kementerian Agama Belitung Timur, Selasa (28/7/2020).

Namun, sambungnya, ada catatan bagi wilayah dengan zona merah yang terdeteksi ada paparan virus corona mungkin per kecamatan atau desa, pengurus masjid bisa menyeleksi jamaah yang masuk ke masjid.

"Sebelum masuk suhu tubuhnya tinggi atau ada gejala demam, flu, batuk agar tidak datang ke masjid. Dan jika di desa tersebut banyak yang terpapar maka diminta untuk tidak melaksanakan salat Idul Adha," kata Ridwan.

Ia menyarankan agar memerbanyak tempat penyelenggaraan salat Idul Adha agar tidak terjadi kerumunan yang bisa menyebabkan celah tersebarnya virus corona.

"Yang pasti intinya salat Idul Adha dibolehkan asal mematuhi protokol kesehatan dan pastikan desa tersebut tidak banyak orang terpapar virus corona," kata Ridwan.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved