Breaking News:

Berita Belitung

Pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Belitung Ditetapkan 30 Agustus

Suksesyadi mengatakan pelaksanaan pilkades serentak 2020 ditetapkan tanggal 30 Agustus bulan depan.

Posbelitung/dede suhendar
Ilustrasi Pilkades Serentak Kabupaten Belitung 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung , Suksesyadi mengatakan pelaksanaan pilkades serentak 2020 ditetapkan tanggal 30 Agustus bulan depan.

Kesepakatan itu dicapai berdasarkan hasil rapat yang dihadiri Bupati Belitung beserta jajaran forkopimda dan instansi terkait di ruang sidang Setda Kabupaten Belitung pada Selasa (28/7/2020).

"Iya fix 30 Agustus karena sudah sepakat pada rapat tadi. Jadi kami juga sudah mengundang para panitia desa setelah rapat dengan bupati," kata Suksesyadi kepada Posbelitung.co.

Menurutnya, tahapan selanjutnya, panitia desa akan membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di TPS pada hari pencoblosan nantinya.

Untuk waktu pembentukan dimulai tanggal 28 Juli sampai 15 Agustus 2020 mendatang.

Kemudian 20-22 Agustus panitia mulai mendistrisbusikan logistik dan 24-26 Agustus merupakan masa kampanye calon kepala desa.

"Semua tahapan sudah berjalan, memang ada perubahan pasca seleksi tambahan kemarin," katanya.

Suksesyadi menekankan kepada para panitia desa agar selalu menerapkan protokol kesehatan pada hari pencoblosan di tengah pandemi Covid-19.

Oleh sebab, itu pada rapat bersama Bupati Belitung sudah diatur teknis pencoblosan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan, memegang paku coblos dengan tisu dan kembali mencuci tangan ketika selesai mencoblos.

Kemudian, petugas keamanan dari Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas juga akan mengatur antrian warga yang datang ke TPS agar tidak terjadi penumpukan.

"Semuanya sudah diatur dan harus menerapkan protokol kesehatan. Kami tetap optimis angka partisipasi tinggi meskipun pelaksanaan Pilkades di tengah pandemi," kata Suksesyadi. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved