Breaking News:

Berita Belitung

Dua Pekan Kembali Operasional, Hotel Max One Belitung Sasar Masyarakat Lokal

General Manager Hotel Max One Belstar Belitung kini lebih menyasar dari nasional atau wisatawan domestik bahkan masyarakat lokal.

Dokumentasi Pos Belitung
Ilustrasi Suasana pelatihan homestay yang diadakan di Hotel Max One, Tanjungpandan, Senin (20/7/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - General Manager Hotel Max One Belstar Belitung Anita Silaban mengatakan kini memang tidak bisa berharap banyak dari internasional atau wisatawan mancanegara. Makanya kini lebih menyasar dari nasional atau wisatawan domestik bahkan masyarakat lokal.

"Nasional dari pemerintah membelanjakan dana apa rapat atau kunjungan dinas. Karena kalau mengharapkan perekonomian bergerak tidak bisa mengandalkan ekspor impor, tapi dari belanjanya negara agar mengimbas sektor swasta seperti kami," sebutnya, Rabu (29/7/2020).

Sedangkan segmen lokal yang disasar tentunya dari belanja pemerintah daerah atau dinas. Dengan demikian perekonomian bisa bergerak.

Menurutnya jika pemerintah dan pelaku pariwisata termasuk perhotelan bergerak, maka turis akan datang. Bahkan jika secara nasional melakukan pergerakan atau aktivitas perekonomian secara bagus, maka industri kreatif bisa bergerak lagi.

Sejak dibuka kembali pada 15 Juli lalu, kita Anita, memang hotel perlahan bangkit. Okupansi pun masih bergerak kisaran 10-20 persen. Padahal jika dibandingkan kondisi sebelumnya bahkan lebih dari 60 persen.

Makanya dalam situasi pemberlakuan normal baru di Belitung, pihak perhotelan jika melirik peluang pasar lokal. Meski bukan pada kamar hotel, tapi pada penjualan makanan dan minuman.

"Kami tidak mengharapkan kamar dari masyarakatnya, tapi kami promosi makan minum karena semua orang pasti makan dan minum. Dibuat murah supaya terjangkau," jelasnya.

Ia juga mengusulkan nantinya pemerintah daerah bisa menyiarkan lebih luas bahwa Belitung siap memulai aktivitas pariwisata.

Misalnya dengan mengundang jurnalis nasional ke Belitung sehingga bisa sekaligus mempromosikan pariwisata. Di samping itu, pelaku perhotelan seperti dirinya siap membranding Belitung melalui media sosial terkait penerapan protokol kesehatan.

(Posbelitung.co/ Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved