Breaking News:

Berita Belitung

Jual Beli Hewan Kurban di Belitung Tahun Ini Terasa Menurun

Antusiasme masyarakat membeli hewan kurban saat ini mengalami penurunan karena adanya pandemi covid-19 .

TRIBUN MEDAN/Riski Cahyadi
Ilustrasi hewan kurban 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Destika Effenly mengatakan, antusiasme masyarakat membeli hewan kurban saat ini mengalami penurunan karena adanya pandemi covid-19 .

Antusiasmenya menurun jika dibandingkan 2019 lalu.

Penurunan terasa untuk transaksi hewan kurban kambing.

Sedangkan untuk sapi kini masih kategori stabil.

"Paling banyak kambing yang mengalami penurunan daya beli, kalau sapi masih normal, karena memamg masyarakat banyak mempersiapkan untuk membeli dari tahun kemarin," kata Destika kepada Posbelitung.co, rabu (29/7/2020).

Penurunan daya beli hewan kurban juga, kata dia, bisa dilihat dari tidak adanya pengurus Surau dan Masjid yang datang ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, untuk konsultasi soal pembelian hewan kurban.

"Biasanya setiap tahun pengurus Masjid kesini untuk bertanyak soal harga hewan kurban dan tempat membelinya, tapi tahun ini tidak ada sama sekali," jelasnya.

Ia mengatakan, untuk tahun 2019, khusus sapi yang dipotong hewan kurban sebanyak 500 ekor, dan kambing mencapai 1.500 ekor.

"Nah, kami sebetulnya sudah mempersiapkan untuk kurban tahun ini sebanyak 2.000 ekor kambing, termasuk sapi, tapi kondisinya berbeda," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved