Breaking News:

Berita Belitung Timur

Nilai Investasi di Belitung Timur Diklaim Meningkat, Tapi Bukan dari Perusahaan Baru

Realisasi investasi di Belitung Timur sampai triwulan kedua tahun 2020 diklaim meningkat.

ilustrasi investasi 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Realisasi investasi di Belitung Timur sampai triwulan kedua tahun 2020 diklaim meningkat.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang Pengendalian, Informasi, dan Dokumentasi Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Belitung Timur Suhardi saat ditemui posbelitung.co di ruang kerjanya, Rabu (29/7/2020).

Nilai realisasi investasi di Beltim tahun 2019 mencapai sekitar Rp 165 miliar, sedangkan tahun 2020 baru sampai triwulan kedua nilainya sudah sekitar Rp 285 miliar.

"Namun, jika dikatakan meningkat secara keseluruhan tidak juga. Karena nilai investasi ini berasal dari perusahaan yang sudah lama ada di sini, sudah existing. Kalau dari perusahaan yang baru dengan tujuan menanamkan modalnya di sini bisa dikatakan belum ada," kata Suhardi.

Ia menyontohkan perusahaan yang sudah ada seperti PT Parit Sembada yang sudah merealisasikan investasinya sebesar Rp 200 miliar lebih tahun ini.

Ia menjelaskan untuk perusahaan yang masuk ke Beltim dulunya didominasi oleh tambang, namun sekarang sudah berbeda.

"Sekarang izin untuk perusahaan tambang dipersulit dalam artian yang bagus. Namun, perusahaan non-tambang juga banyak yang sudah punya izin untuk menanamkan modalnya, tapi terkendala beberapa hal," ujarnya.

Kendala tersebut, jelasnya, seperti lahan yang tidak ada.

Ia mengatakan banyak perusahaan yang sudah akan menanamkan modalnya namun karena lahan tidak ada akhirnya tidak jadi.

"Kemarin ada perusahaan yang ingin bikin agrowisata dan minta lahan di tepi pantai. Setelah cek ke lapangan ternyata sudah punya SKT semua. Jadi kendala kita di situ sebenarnya. Ada juga perusahaan tepung tapioka yang sudah setengah jalan mau beroperasi tapi karena ada pandemi corona jadi tertunda. Selain kendala di kita juga kebanyakan kendala ada di internal perusahaan mereka," jelasnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved