Breaking News:

Cek Hewan Kurban, Dinas KPKP Kirim Petugas ke Kepulauan Seribu

Setelah dipotong, petugas memeriksa kembali kondisi daging sebelum dikirim kepada masyarakat untuk dikonsumsi.

Kompas.com
Sapi pemberian Presiden Joko Widodo kepada warga di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Darjamuni akan mengirimkan sejumlah petugas untuk memeriksa hewan kurban di Kepulauan Seribu.

"Kami juga mengirimkan petugas, terdiri dari dokter hewan dan paramedik yang kami kirim ke Kepulauan Seribu untuk pelaksanaan hari Jumat nanti," kata dia di Dermaga Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (29/7/2020).

Petugas itu akan memeriksa keadaan hewan sebelum dan sesudah dipotong. "Kami melakukan pemeriksaan ya namanya ante mortem, sudah menyiapkan petugas, termasuk juga nanti ada post mortem ya, post mortem itu di saat pemotongan," kata Darjamuni.

Pemeriksaan ante mortem dilakukan sebelum hewan dipotong. Sejauh ini, semua hewan yang telah diperiksa Sudin KPKP Kepulauan Seribu dinyatakan sehat. Setelah dipotong, petugas memeriksa kembali kondisi daging sebelum dikirim kepada masyarakat untuk dikonsumsi.

"Intinya kami memeriksa dalamannya nanti, apakah ini layak dikonsumsi atau tidak. Memang kadang-kadang secara fisik luarnya bagus tapi mungkin takut ada apa-apa kami harus periksa semua sampai tuntas, sehingga kami sampaikan kepada masyarakat dalam keadaan aman untuk dikonsumsi," kata Darjamuni.

Kemarin, sebanyak 12 ekor sapi dan 32 ekor kambing dikirim dari Jakarta Utara menuju Kepualauan Seribu. Satu ekor sapi merupakan pemberian Presiden Joko Widodo dengan berat 946 kilogram dan dua ekor sapi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hewan-hewan kurban itu akan dibagikan secara merata untuk 11 pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu, yakni Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Pari, Pulau Payung, Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, Pulau Harapan, Pulau Sebira, Pulau Panggang, dan Pulau Pramuka. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dinas KPKP Kirim Petugas untuk Cek Hewan Kurban di Kepulauan Seribu"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved