Breaking News:

Kader PKS Kenakan Kemeja Pendukung Gibran Saat Rapat di DPRD, PKS Solo Kaget

Pakaian itu dikenakannya dalam Rapat Raperda Tentang Perubahan APBD Kota Surakarta Tahun 2020 dengan agenda pandangan fraksi, Rabu (29/7/2020).

Youtube Humas DPRD Kota Surakarta
Tangkapan layar anggota DPRD Solo dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Didik Hermawan memakai baju pendukung Gibran dalam rapat paripurna melalui daring di Gedung DPRD Solo, Jawa Tengah, Rabu (29/7/2020). 

POSBELITUNG.CO - Kemeja 'Indonesia Raya' khas pendukung Gibran Rakabuming Raka membuat polemik di tubuh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo, Jawa Tengah.

Bermula saat anggota Fraksi PKS DPRD Kota Solo yang juga Ketua Kaukus Muda PKS, Didik Hermawan, memakai kemeja 'Indonesia Raya' khas pendukung Gibran Rakabuming Raka.

Pakaian itu dikenakannya dalam Rapat Raperda Tentang Perubahan APBD Kota Surakarta Tahun 2020 dengan agenda pandangan fraksi, Rabu (29/7/2020).

Ketua Bappilu DPD PKS Kota Solo, Sugeng Riyanto, kaget dengan tindakan Didik Hermawan. Sugeng mengatakan, partainya tidak diberi tahu Didik sebelum aksi simbolik mendukung Gibran dilakukan.

"Saya sendiri kaget kenapa dia pakai itu. Tanpa koordinasi, mak benduduk (tiba-tiba) pakai baju itu," kata Sugeng, Rabu (29/7/2020).

Sugeng pun memastikan tindakan Didik bukan perintah partai. Pasalnya, PKS saat ini masih fokus mewujudkan koalisi untuk mengusung pasangan calon lawan Gibran-Teguh.

Sedangkan Didik mengatakan sejak awal Kaukus Muda PKS menyatakan dukungan terhadap Gibran di Pilkada Solo 2020. Pemberian dukungan ini karena PKS sampai saat ini belum menyatakan arah dukungan.

"Karena PKS belum bersikap jadi memang mengumpulkan berbagai macam alternatif. Apalagi PKS sampai sekarang masih berusaha membentuk koalisi. Koalisi itu menurut perhitungan kaukus muda mungkin agak susah terbentuk," kata Didik kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Rabu.

"Makanya, kita tinggal pilihannya antara Gibran, Bajo atau netral. Lha, kaukus muda memang kumpulan anak-anak muda kita mengusulkan kepada struktur DPD PKS untuk mendukung calon wali kota Mas Gibran," sambung dia.

Seandainya PKS bisa berkoalisi dan mengusung calon sendiri, jelas Didik, Kaukus Muda masih akan melihat calon yang diusungnya tersebut.

Didik menambahkan Kaukus Muda punya alasan untuk mengusung putra sulung Presiden Jokowi di Pilkada Solo 2020.

"Kita pengin Wali Kota Solo ke depan adalah anak muda, kreatif, dan memiliki terobosan yang bisa meningkatkan Kota Solo lebih modern," jelas dia.

"Seandainya nanti kira-kira PKS dan koalisi menemukan calon yang tepat mungkin kita bisa kompromi. Seandainya nanti tidak menemukan sosok yang tepat yang memiliki semangat muda, memiliki visi misi modern kita tetap akan menginginkan agar struktur mendukung Gibran, tapi semua nanti diputuskan masih ada waktu," terang dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PKS Solo Kaget Kadernya Kenakan Kemeja Pendukung Gibran Saat Rapat di DPRD"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved