Berita Belitung

Gowes Bareng Belitung Folding Bike, Pernah Tempuh Jarak Ratusan Kilometer

Komunitas ini sudah memiliki 98 anggota hingga pernah gowes bareng Tanjungpandan-Gantung-Manggar-Burung Mandi atau menempuh jarak sekitar 103 km

posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Belitung Folding Bike saat ngumpul bareng di Jingga Cafe, Jalan Diponegoro, Tanjungpandan, Rabu (29/7/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - Gowes bareng pastinya lebih seru daripada sendirian. Berawal dari keinginan mengumpulkan penghobi sepeda lipat agar bisa gowes bareng, komunitas Belitung Folding Bike (BFB) terbentuk.

Meski belum setahun sejak didirikan, komunitas ini sudah memiliki 98 anggota hingga pernah gowes bareng Tanjungpandan-Gantung-Manggar-Burung Mandi atau menempuh jarak sekitar 103 kilometer.

Ditemui Pos Belitung, Rabu (29/7/2020) setelah night ride atau gowes malam dan ngumpul di Jingga Cafe, Tanjungpandan, Ketua BFB Risma Noviandy menceritakan awal mula komunitas ini terbentuk.

Awalnya, BFB berdiri secara tak sengaja, setelah melihat banyak pengguna sepeda lipat di jalan tapi masih sering gowes sendiri-sendiri.

"Sebenarnya banyak yang pakai sepeda lipat di Tanjungpandan, hanya tidak ngumpul. 31 Januari 2020 dibuat grup wa, sembari menunggu beberapa hari saya cetak flyer, jadi terbentuk BFB itu tepat 2 Februari 2020, yang pertama kali kumpul di Tanjung Pendam, dari kawan-kawan kantor diajak, terus mulai nyebar dari mulut ke mulut," katanya.

Lalu anggota komunitas ini kian meningkat seiring berjalannya waktu. Peningkatan paling signifikan, kata Risma, memang terjadi saat Pandemi Covid-19. Dari awalnya hanya 4-5 anggota saja kini meningkat pesat hingga sudah 98 anggota.

Cara gabung komunitas ini, menurutnya cukup menghubungi mereka melalui laman Instagram @belitungfoldingbike. Nantinya tim bakal konfirmasi karena para anggota harus dipastikan berdomisili di Belitung, juga tentunya memiliki sepeda lipat.

Saat kopdar, mereka memang memiliki jadwal rutin. Menurut tim kegiatan Ridho, tiap pekan ada dua kali kegiatan. Yakni setiap Rabu malam ada night ride (NR) biasanya gowes sekitar Tanjungpandan sejauh sekitar 10 kilometer. Juga tiap Minggu ada kegiatan yang mereka sebut Sunmori atau Sunday morning ride.

Saat Sunmori ini destinasi tujuan ditentukan berdasarkan kesepakatan anggota. Biasanya pada pekan ketiga dan keempat jarak yang ditempuh bakal lebih jauh. Sempat juga, mereka menempuh jarak 103 kilometer bersepeda.

Ketika menempuh jarak jauh, kesiapan para anggota tentu jadi hal utama. Makanya harus dipastikan anggota yang ikut memiliki kondisi fisik prima serta sudah mahir bersepeda jarak jauh.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved