Berita Belitung

Pemkab Belitung Atur Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi Lewat Perbup

Untuk memberikan kemudahan kepada investor tersebut pula, Pemerintah Kabupaten Belitung juga memberikan pelayanan administrasi secara gratis

posbelitung.co / Disa Aryandi
Sahani Saleh (Sanem) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) sudah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 35 tahun 2019 tentang tata cara pemberian insentif dan kemudahan investasi di Kabupaten Belitung.

Ia mengatakan, hingga sekarang untuk penetapan insentif tersebut, terutama khusus di dalam area Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), belum ada yang diberikan insentif oleh dewan KEK.

"Tapi kami kemarin sudah membuat rencana, istilah nya, misalkan 6 tahun tidak membayar pajak, seperti ada barang - barang yang masuk ke Belitung, tidak di kenai pajak," ucap Sanem kepada posbelitung.co, sabtu (1/8/2020).

Disamping itu, lanjut dia, untuk memberikan kemudahan kepada investor tersebut pula, Pemerintah Kabupaten Belitung juga memberikan pelayanan administrasi secara gratis.

"Nah ini sebetulnya, adalah strategi pemerintah, agar investasi cepat masuk, dan untuk kondisi sekarang bukan hanya di kawasan KEK saja, tapi juga bagaimana memberikan pelayanan untuk kemudahan investor," bebernya.

Maka dari itu, kata dia, sekarang ini untuk urusan investasi ini, diberikan berupa regulasi oleh Pemerintah Pusat kepada daerah. Hanya regulasi tersebut tidak bisa di jalankan, lantaran terbentur kewenangan atau kebijakan.

"Yang jelas saya berharap, kepada perusahaan yang siap ber investasi, di sektor ke pariwisataan misalnya, untuk segera memulai, karena itu kebijaksanaan yang dibuat daerah untuk investasi," pungkasnya. 

* Payung Hukum

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perizinan (DPMPTSP) Kabupaten Belitung, Hilman mengatakan perbub No. 35 tahun 2019 sangat penting.

Perbup turunan Peraturan Daerah (Perda) nomor 8 tahun 2017 ini sebagai bentuk mempermudah investor melakukan investasi di Kabupaten Belitung.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved