Breaking News:

WIKI BELITUNG

dr Reza Bagi Tips untuk Ibu Hamil, Jangan Anggap Enteng Rasa Mulas Jelas Melahirkan

dr Reza Kurniansyah yang bertugas di Puskesmas Manggar memberi tips menjaga kehamilan bagi perempuan yang baru pertama kali hamil.

Freepik
Ilustrasi wanita hamil 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Seorang perempuan yang tengah hamil apalagi yang baru pertama kali merasakannya pasti bakal bingung apa yang harus dilakukan supaya diri dan bayinya sehat.

Sebagian besar dari mereka pasti akan mencari tahu lewat internet dan sebagian lainnya bertanya kepada ibu masing-masing.

Tidak semua perempuan yang hamil siap menjadi ibu, karena itu butuh ilmu parenting yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Namun, sebelum itu yang tak kalah penting yakni menjaga kehamilan itu sendiri.

dr Reza Kurniansyah yang bertugas di Puskesmas Manggar memberi tips menjaga kehamilan bagi perempuan yang baru pertama kali hamil.

Pertama, ikut kelas ibu hamil yang disediakan bidan di setiap desa. Di sana akan diajarkan seluk beluk mengenai kehamilan, mulai dari beraktivitas sampai berolahraga khusus ibu hamil.

"Sering-sering berkonsultasi dengan bidan atau dokter terkait perkembangan janin. Namun kalau di masa sekarang dianjurkan konsultasinya via online saja biar lebih aman bagi ibu dan bayi," kata dr Reza kepada Posbelitung.co, Kamis (6/8/2020).

dr Reza Kurniansyah
dr Reza Kurniansyah (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Menurutnya,  yang terpenting, lanjutnya, jangan sepelekan rasa mulas yang dialami apalagi jika memang sudah dekat dengan proyeksi waktu kelahiran.

Kebanyakan calon ibu mengabaikan rasa mulas ini dan menganggapnya sakit perut biasa.

"Banyak yang datang ke sini pembukaannya hampir lengkap. Bahkan pernah kejadian si ibu ini menelepon dan sudah dijemput oleh ambulance. Karena pembukaan sudah lengkap, ibunya tidak tahan, dan memang di jalan semua bisa terjadi, akhirnya ibu itu lahir di ambulance," jelas dr Reza.

Ia menuturkan pelayanan persalinan di puskesmas terbuka lebar bagi siapapun. Namun, ia menyarankan harus tertib administrasi supaya lebih mudah bagi kedua pihak.

"Ibu hamil harus tentukan faskesnya sebelum melahirkan supaya gampang urusan melahirkannya. Kalau faskesnya tidak sesuai bisa ditolong, namun lebih baik sesuai dengan faskes," saran dr Reza. (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved