Breaking News:

Virus Corona di Belitung

Ini Penjelasan Pihak Dinkes Belitung Terkait 10 Hari Pasien Covid Jalani Isolasi Dinyatakan Sembuh

Joko Sarjono mengatakan, untuk sistem penanganan pasien positif Covid-19 sekarang ini memang sudah tidak perlu lagi menunggu hasil swab

Posbelitung.co/Disa Ayandi
Suasana gedung SKB Kabupaten Belitung tempat para pasien positif Covid-19 di karantina. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Kabupaten Belitung Joko Sarjono mengatakan, untuk sistem penanganan pasien positif Covid-19 sekarang ini memang sudah tidak perlu lagi menunggu hasil swab tersebut harus negatif.

Apabila pasien ini menjalani isolasi selama 10 hari dan tanpa ada gejala apapun, pasien tersebut sudah bisa dinyatakan sembuh. Itu merupakan peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Jadi begitu, jadi tidak perlu di swab kalau dia sudah menjalani isolasi selama 10 hari. Kalau sudah 10 hari, ya sudah sembuh, seperti yang positif sekarang, kalau sudah isolasi selama 10 hari sembuh," jelas Joko kepada Posbelitung.co, Kamis (6/8/2020).

Joko kurang memahami tentang dasar dari peraturan tersebut, lantaran sebelumnya pasien positif covid-19 harus melakukan uji swab selama dua kali berturut-turut, dengan hasil negatif, baru bisa dinyatakan sembuh.

"Tapi syaratnya harus tanpa gejala, kami kurang paham, tapi peraturan baru nya seperti itu. Bisa saja selama 10 hari itu, dari hasil penelitian tim ahli, kumannya sudah tidak aktif," ujarnya.

Sedangkan untuk tracking, tim gugus tugas percepatan penangan covid-19, sekarang ini masih terus melakukan dari dasar pasien positif covid-19.

Tracking itu masih menggunakan alat rapid test, yang sebetulnya sudah tidak diperbolehkan lagi untuk diagnosa.

"Rapid test hanya untuk kelompok tertentu saja, dan perjalanan saja, kalau diagnosa sudah tidak lagi. Ya seharusnya memang harus di swab, agar lebih akurat," kata Joko.

Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiono disaksikan Bupati Belitung Sahani Saleh, Jumat (15/5/2020) menyerahkan surat keterangan sehat kepada pasien yang sembuh di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).
Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiono disaksikan Bupati Belitung Sahani Saleh, Jumat (15/5/2020) menyerahkan surat keterangan sehat kepada pasien yang sembuh di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

10 Hari Dikarantina, Satu Pasien Dinyatakan Sembuh

Seorang pasien yang terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Belitung, Kamis (6/8/2020) dan sudah menjalani isolasi terpadu dikarantina Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung dinyatakan sembuh

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved