Breaking News:

Berita Belitung Timur

Rizki Ajak Ibu Hamil Tertib Administrasi, Biar Tak Ada Masalah Ketika Melahirkan

Kepala UPTD Puskesmas Manggar drg Rizki Hamdi mengajak ibu hamil agar tertib administrasi.

Shela Kusumaningtyas
Ilustrasi perempuan hamil 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Kepala UPTD Puskesmas Manggar drg Rizki Hamdi mengajak ibu hamil agar tertib administrasi.

Ia menjelaskan setiap ibu hamil pasti sudah merencanakan akan melahirkan di mana, maka dari itu, sejak awal kehamilan harus dikomunikasikan mengenai di mana faskes pertama yang akan dituju untuk bersalin.

Ia mencontohkan jika ibu hamil ingin bersalin di Puskesmas Manggar maka ubah dulu faskes pertamanya ke Puskesmas Manggar, karena menurutnya banyak yang tiba-tiba datang ingin bersalin ternyata faskes pertamanya bukan di sana.

"Tapi tetap akan kami bantu dan layani semaksimal mungkin. Karena prinsip kami life saving dulu, soal administrasi belakangan. Namun, jika sudah diurus sejak awal juga akan lebih memudahkan kedua belah pihak dan meminimalisir dampak ke depannya," kata Rizki kepada Posbelitung.co, Kamis (6/8/2020).\

Kepala UPTD Puskesmas Manggar drg Rizki Hamdi.
Kepala UPTD Puskesmas Manggar drg Rizki Hamdi. (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Ia juga menyarankan kepada ibu hamil agar mengikuti kelas-kelas ibu hamil yang sudah disediakan oleh pemerintah lewat bidan desa.

"Calon ibu ini kan akan melahirkan generasi penerus bangsa. Karena itu harus dijaga betul kesehatan selama masa kehamilan," kata Rizki.

Lebih lanjut, Rizki juga menyoroti fasilitas ruang bersalin di Puskesmas Manggar yang terbatas, karena akhir-akhir ini ia mengaku tiap hari pasti ada yang melahirkan di sana.

"Ruang tindakan cuma satu. Kadang ada yang datang langsung tiga, jadi kami harus pilih menggunakan skala prioritas," ungkap Rizki.

Namun ia mengapresiasi para ibu hamil yang sudah memercayakan Puskesmas Manggar sebagai tempat bersalin. Sampai hari ini sudah lebih dari 100 bayi yang lahir di sana dengan persalinan normal.

"Hal ini bagus karena artinya tingkat kepercayaan masyarakat kepada puskesmas sudah meningkat. Biasanya kan melahirkan di rumah sakit atau ke dokter praktek," kata Rizki. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved