Breaking News:

Warga Manggar Diterkam Buaya

Buaya di Sungai Manggar Sudah Biasa Berenang saat Warga Melimbang Timah, Begini Pesan Kepala Desa

Kejadian ini tidak pernah terjadi, kalau buaya memang banyak di sini, biasanya mereka lewat berenang depan orang melimbang

Posbelitung.co/Suharli
Sugiarta saat melakukan penyelaman mencari korban diterkam buaya, Minggu (9/8/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Keberadaan buaya di seputaran sungai Manggar sudah ada sejak lama, warga masyakat sekitar pun sudah terbiasa dan tidak merasa aneh lagi dengan keberadan reptil bertubuh besar itu, kendati demikian belum pernah ada kejadian warga diserang buaya.

Kepala Desa Lalang Jaya, Artono mengatakan warga yang melimbang timah di seputaran sungai Manggar memang sudah ada sejak lama, dan menjadi mata pencarian warga setempat.

"Memang itu mata pencarian mereka, sudah berpuluh tahun di sini melimbang timah. Kejadian ini tidak pernah terjadi.

Kalau buaya memang banyak di sini, biasanya mereka lewat berenang depan orang melimbang tapi tidak mengganggu," ujar Artono kepada posbelitung.co, Minggu (9/8/2020).

Artono juga menuturkan, kejadian ini kali pertama di wilayah yang dipimpinnya, pasalnya dia juga mengetahui warga yang melimbang tersebut kadang juga menyelam dan berpaspasan dengan buaya langsung dan tidak terjadi apa-apa.

"Mungkin, pas kepunan (naas-red) kalau orang sini bilang kan.

Kami mau cegah mata pencarian mereka sehari-hari memang sudah dari dulu di sini, jadi tergantung masyarakat juga.

Kalau kami mencegah, kami juga tidak dapat memberikan makan anak istri mereka kan, hanya saja saya imbau lebih hati-hati dan waspada," pesannya.

Pantauan posbelitung di lapangan, lokasi tempat kejadian Saad (50) warga yang diterkam buaya, masih terlihat sangu makanan milik korban yang belum sempat dimakannya, di sebelah terdapat pakaian korban dan panci yang biasanya digunakan untuk melimbang, Saad sendiri menurut teman-teman sosok orang yang sering becanda.

Warga memadati bantaran sungai manggar tempat lokasi kejadian warga diterkam buaya. Minggu (9/8/2020)
Warga memadati bantaran sungai manggar tempat lokasi kejadian warga diterkam buaya. Minggu (9/8/2020) (Pos)

Seorang warga Kecamatan Manggar diterkam buaya saat sedang membersihkan timah di perairan sungai Manggar sekitar pukul 11.30 WIB.

Kepala Pos SAR Belitung Rahmatullah Hasyim menyampaikan
korban bernama Saad (50) pada saat kejadian sedang membersihkan pasir timah di pinggiran sungai manggar pada saat itu buaya menerkam korban dari belakang.

"Korban (nama saad) sedang mencuci timah, Tiba-tiba dari arah belakang korban di terkam buaya
Kemudian korban di bawa buaya ke tengah sungai," ujar Rahmad kepada posbelitung, Minggu (9/8/2020).

Dia mengatakan sempat ada saksi mata yang melihat korban di bawa buaya, yang kemudian mencoba menolong dengan cara di tabrak menggunakan perahu dan korban terlepas dari gigitan buaya, namun korban saat di cari hilang tidak ketemu. (Posbelitung/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved